Beranda Daerah Diterkam Beruang Saat Mencari Petai, Warga Sijunjung Babak Belur

Diterkam Beruang Saat Mencari Petai, Warga Sijunjung Babak Belur

Beruang Madu
Beruang madu/ilustrasi

Beritanda1—Seekor beruang hitam mengamuk di Nagari Sisawah Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Rabu (28 April 2021).

Akibatnya, seorang warga Jorong Kabun nagari Sisawah bernama Arifin (38) yang sedang mencari petai di hutan tersebut, babak belur diterkam beruang.

Informasi yang didapat beritanda1.com menyebutkan, Peristiwa tersebut terjadi pada sekitar pukul 13.00 WIB. Berawal saat Arifin bersama adiknya pergi ke hutan Batang Talau Nagari Sisawah, yang berjarak lebih kurang 2 jam berjalan Kaki dari rumahnya.

Sesampai di hutan Batang Talau tersebut, sekitar pukul 10.00 WIB, korban bersama Adiknya mulai memanjat satu pohon petai untuk diamabil buahnya, kemudian dikumpulkan ke dalam karung.

Setelah itu, sekitar pukul 12.30 WIB, kedua kakak beradik itu kemudian pindah ke pohon berikutnya, yang berjarak sekitar 15 Menit perjalanan. korban melihat batang petai yang berbuah lebat dan dekat batang petai tersebut ada sebuah batang kayu besar yang sudah tumbang dan berlobang.

Korban melihat melihat seekor beruang keluar dari lobang kayu tersebut. Namun karena kaget,  hewan buas tersebut mengejar korban. Korban sempat berteriak kepada adiknya untuk lari.

Mendengar hal itu, adik korban kemudian yang berjarak satu meter dibelakang korban langsung berlari untuk menyelamatkan diri. Namun naas, korban tersandung kayu dan terjatuh, sehingga langsung diterkam beruang tersebut.

Melihat hal itu Adik korban berlari berbalik arah membantu sang kakak dengan memukul beruang tersebut menggunakan punggung parang yang dibawanya sampai binatang itu pergi.

“Akibat terkaman beruang tersebut korban mengalami luka berat pada daerah mulut,”terang Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan, S.IK, MH, Kamis (29 April 2021).

Melihat korban dalam keadaan terluka parah, adik korban mengabil hand phone yang ada pada korban, kemudian mencari jaringan dan menelpon keluarga korban untuk minta bantuan.

BACA JUGA:  Rudi Horizon Kembali Pimpin Koni Kabupaten Solok, Ini Kata Bupati Solok

Namun karena lokasi yang jauh, warga kesulitan mengevakuasi korban. Korban sampai di tepi perkampungan di daerah Timodang Jorong Kabun, Nagari Sisawah, sekira pukul 14.00 WIB. Korban langsung dibawa ke Puskesmas Muaro, untuk mendapat perawatan. Korban  kemudian dirujuk ke RSUD Sijunjung di Tanah Badantung, kemudian dilakukan jahitan kasar pada bagian yang robek oleh beruang tersebut.

“Karena kondisi rahang korban cukup parah, korban kemudian dirujuk ke RS M Jamil Padang untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik,” tutur Kapolres.