Ditangkap Karena Kasus Curat, Warga Gaung Solok ini Juga Simpan Sabu

Pelaku Narkoba gaung Solok
Tersangka AP saat diamankan bersama barang bukti Narkoba jenis sabu miliknya

Beritanda1 –Personel Sat Reskrim Polres Solok menggelandang AP (22) ke Mapolsek Kubung Kabupaten Solok, Senin sore (5 Oktober 2020) akibat kasus pencurian dengan pemberatan (Curat). Namun malang, saat digeledah, AP juga menyimpan narkoba jenis shabu.  

 

Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, Selasa (6 Oktober 2020) menyebutkan, AP menjadi tersangka kasus pencurian dengan pemberatan (curat) di rumah Leo Darmi (28) di Halaban, Jorong Subarang, Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung, pada Jumat (2 Oktober 2020).

“Selain AP, Personel Sat Reskrim Polres Solok bersama personel Unit Reskrim Polsek Kubung, juga menangkap dua pelaku lain, yakni HS (39) dan NA (33),” beber Kapolres.

Setibanya di Mapolsek Kubung, tepatnya di pelataran parkir Mapolsek, personel Sat Res Narkoba Polres Solok yang ikut dalam Tim Opsnal Unit Reskrim Polres Solok, mencurigai gerak gerik AP. Ditambah lagi, dengan adanya “catatan” pelaku dalam dunia Narkoba sebelumnya.

Salah seorang personel Sat Res Narkoba Polres Solok kemudian melakukan penggeledahan badan terhadap AP. Namun, tak menemukan satupun Narkoba di tubuh pelaku. Personel tersebut kemudian penggeledahan di mobil pelaku, yang disita sebagai barang bukti.

Petugas akhirnya menemukan satu paket yang diduga shabu yang dibungkus plastik klem warna bening di dashboard depan sebelah kiri mobil Pickup Carry warna putih dengan nomor Polisi F 8017 GC. Saat ditimbang, paket kecil tersebut memiliki berat 0,06 gram.

Barang bukti tersebut kemudian disita Tim Sat Res Narkoba Polres Solok. Pelaku AP, kemudian dibawa ke Mapolres Solok di Arosuka untuk penyidikan lebih lanjut.

Kapolres menyebutkan, Pelaku AP menjadi tahanan Sat Res Narkoba Polres Solok dan akan dilakukan pengembangan terkait kepemilikan Narkoba jenis shabu tersebut. Sementara, terkait kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) yang ditangani Sat Reskrim Polres Solok, tetap berjalan.

BACA JUGA:  Keren, MAN 1 Solok Selatan Kini Miliki Kop Mart

“Pelaku terancam pasal 127 ayat 3 UU Narkotika dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” ujarnya.

Solok
Pelaku curat

Sebelumnya, jajaran Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Solok bersama Unit Reskrim Polsek Kubung, menciduk 3 orang tersangka kasus pencurian dengan pemberatan di rumah Leo Darmi (28), di Halaban, Jorong Subarang, Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung, Senin siang (5 Oktober 2020). “Ketiga pelaku ditangkap berdasarkan Laporan Polisi Nomor 46/X/2020/Spkt Polsek tanggal 5 Oktober 2020,” beber Kapolres.

Kapolres, menyebutkan bahwa ketiga pelaku melakukan aksinya pada Jumat lalu (2 Oktober 2020). Ketiganya ditangkap di tiga lokasi berbeda. Yakni di Nagari Panyakalan Kecamatan Kubung, Nagari Guguak Sarai Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, dan Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya.

“Pelaku pertama yang diamankan adalah tersangka atas nama AP (22), warga Jorong Gando Nagari Gaung, Kecamatan Kubung, ditangkap di Jorong Mudiek Aie Nagari Panyakalan, Kecamatan Kubung. Dari tersangka AP, kita melakukan pengembangan dan selanjutnya anggota kita mengamankan dua orang lagi di tempat yang berbeda,” terang AKBP Azhar Nugroho.

Usai menangkap AP, petugas kemudian mengamankan HS (39), warga Kelurahan Pasar Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, sekitar pukul 13.00 WIB. HS diamankan di depan SMA Negeri 1 Lembang Jaya.

Pelaku ketiga yang diamankan berinisial NA (33), warga Nagari Guguak Sarai, Kecamatan IX Sungai Lasi di Jorong Gadung Jago Nagari Guguk Sarai Kecamatan IX Koto Sungai Lasi.

Satreskrim Polres Solok

Dari tangan tersangka Polisi berhasil menyita barang bukti 1 unit mobil Jenis Pickup Carry warna putih dengan nomor Polisi F 8017 GC. Uang tunai sebanyak Rp 1 juta dan satu Unit laptop Merk Asus warna hitam. Ketiga pelaku diamankan oleh anggota Sat Reskrim Polres Solok, dibawah pimpinan Ipda Gayuh Agrisukma, S.Tr.K bersama personel Unit Reskrim Polsek Kubung.

BACA JUGA:  Polsek KPGD Turun Tangan Bantu Warga yang Tertimpa Pohon Tumbang

“Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian uang tunai sebanyak Rp.5.000.000, 1 unit ponsel merek Samsung lipat dan 2 unit laptop merk Asus dan Dell,” pungkasnya.

Facebook Comments

loading...