Dinilai Baik, MenPAN-RB Beri Predikat B Terhadap Kinerja Pemkab Pasaman

43

BATAM – Pemerintah Kabupaten Pasaman diganjar predikat B karena dinilai membaik oleh
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia .

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, didampingi Sekretaris Daerah setempat Drs. H. Mara Ondak Inspektur, serta Kepala Bappeda, Kabag Organisasi, menerima Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Menteri Kemen PAN -RB  Cahyo Kumolo ketika menghadiri Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019 di Radisson Golf & Convention Center Batam, Senin (10/02).

Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pasaman memperoleh nilai 60,12 atau predikat “B”. Penilaian tersebut sekaligus menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya.

Kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil yang baik pada Pemerintah kabupaten Pasaman. Namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Kepala Dinas Kominfo Pasaman, Wiliyam Hutabarat, S.Kom menjelaskan, bahwa pelaksanaan evaluasi SAKIB berpedoman pada PP No.8 /2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, Perpres No. 29/2014 tentang SAKIP, dan Permenpan-RB No. 12/2015 tentang pedoman evaluasi atas implementasi SAKIP.

“Evaluasi kinerja pada tahun 2018 lalu, kita Pasaman masih diposisi huruf ‘C’ dengan nilai 54, 15. Sedangkan tahun ini berhasil naik ke nilai 60,12 dengan predikat B,” ujar Wiliyam.

Hasil penilaian itu menurut Willy, menunjukan bahwa tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, capaian kinerja dan kualitas budaya kinerja pemerintahan Kabupaten Pasaman tahun 2019, sudah berorientasi pada ‘outcome’ atau hasil.

BACA JUGA:  Sempat Kejang-kejang, Napi Narkoba Lapas Kelas III Dharmasraya Meninggal

“Evaluasi menyangkut tingkat akuntabilitas dari penggunaan anggaran, dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil atau ressullt oriented government,” beber Welly.

Namun Kadis Kominfo mengakui, masih perlu upaya lebih lanjut, demi tercapai hasil yang lebih maksimal, yakni predikat nilai AA.

Reporter : M.A
Editor     : Melatisan

Facebook Comments

Loading...
loading...