Beranda Birokrasi Dinas PUPR Kota Payakumbuh Gelar FKP Rencana Awal Renja 2022

Dinas PUPR Kota Payakumbuh Gelar FKP Rencana Awal Renja 2022

Payakumbuh
Pembukaan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rencana Awal (Ranwal) Rencana Kerja (Renja) Dinas PUPR Payakumbuh tahun 2022, Rabu (3 Maret 2021).

Beritanda1 – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh melaksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rencana Awal (Ranwal) Rencana Kerja (Renja) Dinas PUPR tahun 2022 di Aula Dinas PUPR setempat, Rabu (3 Maret 2021).

Mengiringi pembukaan, Wali Kota Payakumbuh  diwakili Asisten II Elzadaswarman  mengatakan, kegiatan FKP Ranwal ini merupakan salah satu cerminan dari kebersamaan dan partisipasi bersama dalam merumuskan pembangunan infrastruktur dan penataan kota dimasa yang akan datang.

“Kita menyadari bahwa keberhasilan pembangunan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, dunia usaha dan seluruh elemen masyarakat,” kata  Elzadaswarman.

Asisten II menyebut,  FKP Ranwal  merupakan tahapan dari penyusunan dokumen perencanaan, dimana pada kegiatan tersebut akan menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan untuk tahun 2022 agar bisa menghimpun seluruh aspirasi dari stakeholders terhadap prioritas dan sasaran pembangunan.

“Untuk tahun 2022 lebih fokus kepada pemulihan sosial ekonomi masyarakat serta peningkatan daya saing daerah akibat pandemi Covid-19 dimana terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi di angka 1.18 persen,” ucapnya.

Sementara untuk infrastruktur sendiri Asisten II menjelaskan untuk tahun 2022 akan lebih difokuskan untuk proyek-proyek strategis yang berdampak langsung bagi pertumbuhan ekonomi Payakumbuh seperti sentra-sentra ekonomi serta pengembangan sentra industri IKM.

“Harapannya, dengan pelaksanaan FKP ini, kita bersama dapat memahami arah pembangunan dan memberikan masukan terhadap pelaksanaan pembangunan tahun 2022,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR yang diwakili Sekretaris Dinas PUPR Rajman Sunardi mengatakan, kegiatan FKP  penting dilaksanakan guna  tercapainya target-target pembangunan sesuai dengan visi-misi Kota Payakumbuh.

Seperti diketahui, karena adanya FKP ini capaian kinerja untuk tahun 2020 lalu  sesuai dengan target, dimana untuk persentase kesesuaian pemanfaatan ruang dengan target 79,50 persen, mampu direalisasikan sekitar 79,58 persen.

BACA JUGA:  12 Rumah Terdampak Tanah Longsor di Barangin, Terima Bantuan dari Pemko Sawahlunto

“Kemudian untuk daerah irigasi berkinerja baik,ditargetkan 81,72 persen dan kita mampu menyelesaikannya 82,08 persen. Semuanya kita kerjakan di atas target yang diharapkan, sehingga nilai evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) kita A yaitu 89,27,” papar Sekretaris PUPR Rajman Sunardi

Untuk rencana kinerja kesesuaian pemanfaatan ruang tahun 2021 ini 79,80 persen dan untuk 2022 ditargetkan mencapai 80,10 persen, daerah irigasi berkinerja baik tahun ini 84,21 persen dan tahun depan menjadi 86,58.

Lebih lanjut untuk ketersediaan fasilitas umum perkotaan tahun sekarang ditargetkan 71,39 persen dan ditahun berikutnya menjadi 71,98 persen sementara untuk panjang jalan kota dalam kondisi mantap tahun 2021 ditargetkan selesai 75,56 persen dan untuk 2022 naik menjadi 77,31 persen.

Untuk pelayanan air minum tahun ini 99,25 persen dan selesai ditahun berikutnya menjadi 100 persen dan nilai evaluasi AKIP Dinas tetap A.

“Melalui FKP ini kita juga mempertimbangkan usulan-usulan yang disampaikan saat musrenbang, prioritas daerah, prioritas dinas serta pokir dari dewan semuanya tergantung kepada dampak yang ditimbulkan dari usulan tersebut,” ucapnya.

Reporter: Mardikola Tri Rahmadi

 

 

Artikel sebelumyaPeringatan Harlah Satpol-PP dan Satlinmas Kota Payakumbuh Kedepankan Protkes
Artikel berikutnyaKenakan Tenun Balai Panjang, Ibu Negara Tampak Anggun Pada Syukuran HUT Dekranas