Dikunjungi Tim Kabupaten Sehat, Dharmasraya Optimis Dapatkan Predikat Swastisaba Wistara

DHARMASRAYA – Hujan mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Dharmasraya. Sepagi itu, daerah mekar menjadi lembab, menambah kesejukan hati penghuni setempat. Apalagi, hampir dua bulan belakangan, hujan seolah enggan menyirami kawasan cati nan tigo. Akibatnya sebagian sawah dilanda kekeringan hingga terancam gagal panen.

Kondisi alam itu nyaris terobati dengan kedatangan tim penilai kabupaten sehat dari Kementerian Kesehatan RI dipimpin Dr.Soni P Karoum , MKes.

Tim kabupaten sehat yang hadir mengunjungi nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung, Selasa (6/8), didampingi Anggota DPRD Dharmasraya H Syahrul Furqan, SKM, sekaligus merupakan Ketua Forum Komunikasi Dharmasraya Sehat (FKDS), Sekcam Sitiung, Wali Nagari Sungai Duo Ali Amran, Wali Nagari Sitiung Julisman Piliang, serta Kepala Puskesmas Koto Agung, dan para tenaga medis lainnya.

Adapun menjadi kategori utama dalam penilaian yakni meliputi, tatanan masyarakat sehat yang mandiri , tatanan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi. Kehidupan sosial yang sehat, kawasan pemukiman serta sarana dan prasarana umum sehat, hingga idustri dan perkantoran sehat.

Menurut H Syahrul Furqan. SKM, sosok politikus dari Partai Amanat Nasional (PAN) dalam hitungan hari kedepan akan dilantik sebagai anggota DPRD Provinsi Sumbar itu, menjelaskan bahwa para tim penilai dari Kemenkes akan melakukan peninjauan ke Kecamatan lain dalam wilayah Kabupaten Dharmasraya, seperti Timpeh, dan Kecamatan Sungai Rumbai.

Saat berada di Kecamatan Sitiung, tim penilai meninjau lokasi ketersediaan bahan pangan sehat di Nagari Sungai Duo, serta industri batik tanah liek, dan sekaligus meninjau lingkungan warga bersih dan sehat,

Sebelumnya, kedatangan tim penilai kabupaten sehat itu disambut Oleh Kepala Bappeda Drs. Andi Sumanto, Kepala Dinas Kesehaan dr. Rahmadian di markasnya FKDS, saat berada disana para penilai disajikan ekspos upaya pemerintah bersama stake holders dalam mewujudkan Dharmasraya sehat.

BACA JUGA:  Dua Pemakai Sabu Ditangkap Polres Solok

Andi Sumanto merasa optimis bahwa Kabupaten Dharmasraya akan mendapatkan predikat tertinggi dalam mendapatkan Swastisaba Wistara. Hal ini tentunya akan terwujud, atas usaha Pemkab selama ini membangun kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

Terhadap keamanan pangan dan ketersedaan pangan merupakan langkah kongkrit Pemkab Dharmasraya menekan polusi bahan berbahaya tercampur dalam makanan akan dikonsumsi masyarakat. Sedangkan ketersediaan bahan pangan bergizi, beranekaragam dan berkesinambungan mengantarkan rakyat lebih sehat.

Selain itu, Pemkab juga mengedepankan usaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Keuntungan dari usaha tersebut, akan mampu memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

Sebagai lingkungan sehat juga tidak terlepas dari jalur pendidikan, pengetahuan akan memperluas cakrawala berfikir. “Sehingga warga dapat melaksanakan bidup sehat dengan kesadaran sendiri,” sela dr Rahmadian.

Reporter : S. Hanif.

Facebook Comments

loading...