Diikuti Bupati Solok, Shalat Idul Adha di Masjid Islamic Centre Kotobaru Berlangsung Khidmad

Solok
Bupati Solok Gusmal memberikan sambutan jelang pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 H di Mesjid Islamic Center Kotobaru, Jum’at (31/7). Pelaksanaan ibadah idul adha tersebut dalam protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Beritanda1 —Shalat hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah bersama Bupati Solok H. Gusmal, yang digelar di Mesjid Islamic Center, Jum’at 31 Juli 2020 berlangsung khidmad.

 

Beriringan  gema Takbir, Tahmid dan Tahlil, ribuan umat Islam memadati Masjid Islamic Center Koto Baru yang berarsitektur dua lantai yang berdiri megah di nagari Kotobaru tersebut.

Dalam suasana kesederhanaan dan tetap menerapkan protokol kesehatan, setiap jamaah shalat hari raya idul adha yang memasuki masjid,  sebelumnya diperiksa suhu badan oleh petugas kesehatan yang dihadirkan oleh PHBI Kab. Solok.

Bersama ribuan yang memadati lantai I dan lantai dua Masjid Islamic Centre, juga ikut bersama Bupati Solok, ketua Ketua DPRD Jon Firman Pandu, Sekretaris Daerah Aswirman, Kakan Kemenag Kab. Solok  H. Alizar, Ketua TP-PKK Ny. Desnadefi Gusmal, para Asissten dan Staf Ahli Bupati serta kepala SKPD Pemkab  Solok.

Bupati solok
Bupati solok

Kepala Kantor Kemenag Alizar yang bertidak sebagai khatib, menyampaikan khutbah tentang sejarah Kurban, di mana Nabi Ibrahim rela mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail untuk disembelih sebagai wujud taat pada Allah SWT.

Sebelumnya, bupati Solok Gusmal seraya mengucapkan selamat hari raya idul  adha 1441 H, sekaligus menghimbau kepada seluruh jamaah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, cuci tangan, dan menggunakan masker.

Bupati Solok
bupati solok menyalami jama’ah selepas shalat idul adha

Gusmal meminta kepada panitia penyelenggara kurban, agar tetap menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai covid-19. ” Semoga wabah  Corona ini cepat hilang dimuka bumi ini dan kita dapat beraktivitas seperti biasa lagi,” harapnya.

Sementara itu, pada malam sebelumnya di mesjid islamic Center, juga digelar takbiran idul adha bersama yang juga dihadiri oleh Sekda kab. Solok Aswirman Ketua PHBI Kab. Solok Drs. Alizar, M.Ag, sejumlah kepala SKPD dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:  3 Orang Pasien Corona Meninggal di Sumbar

“Tidak seluruh Kabupaten/kota melaksanakan takbiran secara resmi seperti ini, bahkan untuk pelaksanaan shalat idul adha. Ini karena kondisi pandemi Covid-19 masih menyerang di sejumlah daerah,” ucap ketua PHBI Alizar.

Alizar menegaskan, dalam pelaksanaan shalat idul adha dengan tetap menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi covid-19 dan juga sesuai dengan petunjuk khusus dari kementerian agama untuk pelaksanaan idul adha.

Untuk tingkat Kab. Solok kita laksanakan shalat idul adha di islamic center Koto Baru. “Kita juga melibatkan seluruh unsur terkait demi ketertiban dan kenyamanan pelaksanaan shalat idul adha 1441 H,” ujarnya.

Bupati Solok Gusmal

Sedangkan untuk pelaksanaan ibadah kurban kata Alizar, dilaksanakan mulai jumat hingga senin. Hal itu dilakukan demi mengurangi penumpukan jemaah di satu tempat. “Kami menyarakan masjid-masjid yang ada di Kab. Solok untuk melakukan shalat idul adha juga bagi masyarakat sekitar,”bebernya.

Senada dengan itu, Sekda Kab. Solok Aswirman mengatakan, pelaksanaan shalat idul adha ini digelar setelah adanya izin dari kementerian agama. Untuk pelaksanaan idul adha tahun ini digelar di banyak masjid agar dapat mengontrol jumlah jemaah yang hadir. “Kami mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalani pola kehidupan baru yang saat ini,” pungkas Sekda.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...