Difasilitasi KPU Pasaman, Pilkatos SMAN 1 Lubuk Sikaping Cermikan Pemilu Sesungguhnya

Para siswa SMAN 1 Lubuk Sikaping tengah melakukan pemilihan ketua SOISi yang difasilitasi KPU Pasaman guna pendidikan politik sejak dini di sekolah tersebut

LUBUK SIKAPING – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman memfasilitasi kegiatan pemilihan Ketua Osis (Pilkatos) SMA N 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, Jumat, (23/8/2019). Suasana demokratis, jujur dan adil praktis mengkristal dalam prosesi Pilkatos SMA Lubuk Sikaping  sebagai bentuk sosialisasi dan pendidikan  Pemilu sejak dini.

Pelaksanakan pemilihan ketua OSIS merupakan kegiatan tahunan siswa. Untuk pelaksanaan kegiatan Pilkatos kali ini pelaksanaannya sama seperti tahun-tahun sebelumnya, karena Pilkatos di beberapa Sekolah Menengah Atas di Lubuk Sikaping saat ini digelar sebagaimana halnya penyelenggaraan Pemilu yang sesungguhnya. Boleh disebut Pilkatos merupakan miniatur Pemilu.

“Kegiatan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu yang berdemokrasi melalui ajang Pilkatos ini merupakan salah satu bentuk kegiatan KPU go to school hasil kerjasama KPU Kabupaten Pasaman dengan pihak sekolah,” kata Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Rodi Andermi.

Menurut Rodi, ini adalah kegiatan Pilkatos berkesinambungan yang dilaksanakan beberapa SLTA yang ada di Pasaman. Sebelumnya, kegiatan yang sama juga sudah dilaksanakan di SMKN 1 Lubuk Lubuk Sikaping dan MAN 1 Lubuk Sikaping.

Kepala Sekolah SMAN 1 Lubuk Sikaping, Lisman, S.Pd mengatakan bahwa pihak Sekolah merasa terbantu dan banyak manfaat serta wawasan kepemiluan yang didapat.

“Kegiatan ini diharapkan bisa melatih siswa dalam ikut serta berdemokrasi, karena sebahagian mereka akan jadi pemilih pemula pada Pilkada Pasaman Tahun 2020 yang akan datang,” ujar Lisman.

Salma, salah seorang Siswi SMAN 1 Lubuk Sikaping menyampaikan rasa bangganya dengan Pilkatos yang diselenggarakan seperti Pemilu sesungguhnya.

“Kami sebagai siswa-siswi SMAN 1 Lubuk Sikaping merasa bangga dan terbantu, kami juga dapat menambah wawasan tentang proses demokrasi dan segala hal tentang Pemilu,” ujar Salma.

Sementara itu, Koordinator Divisi SDM, Parmas dan Pendidikan Pemilih KPU Kabupaten Pasaman, Eria Candra, S.Sos menambahkan, bahwa Pilkatos Siswa SMAN 1 Lubuk Sikaping hendaknya dapat menjadi contoh bagi siswa lainnya khususnya di lingkungan sekolah se-Kabupaten Pasaman.

BACA JUGA:  Enam Kandidat Balon Kada Sampaikan Visi dan Misi di DPC PPP Kab. Solok

Pilkatos ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepedulian pemilih pemula terhadap proses demokrasi secara lebih luas, dalam konteks berbangsa dan bernegara, seperti kepedulian terhadap proses Pilkada pada Tahun 2020 yang akan datang.

“Tak kalah pentingnya dari pembudayaan berdemokrasi dalam memilih pemimpin, tentu pada kualitas pilihan itu sendiri. Pikatos semoga menjadi ajang seleksi yang dapat diandalkan untuk menghasilkan Ketua OSİS yang berkualitas dan melahirkan calon pemimpin masa depan,” ujar Eria.

“Terkait dengan dilaksanakannya Pemilihan Ketua OSIS (Pilkatos) SMAN 1 Lubuk Sikaping periode 2019/2020, KPU Kabupaten Pasaman sebagaimana pilkatos tahun yang lalu selalu siap sedia membantu panitia Pilkatos dalam melaksanakan tugasnya. Pesta demokrasi dilingkungan sekolah merupakan langkah strategis dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang Demokratis. Pilkatos merupakan bentuk mini dari Pemilihan Umum yang diselenggarakan di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Eria Candra.

Reporter : MA

Editor     : Melatisan

Facebook Comments

loading...