Beranda Daerah Dibuka Staf Ahli Walikota, Payakumbuh Barat Gelar Musrenbang Perdana Tingkat Kecamatan

Dibuka Staf Ahli Walikota, Payakumbuh Barat Gelar Musrenbang Perdana Tingkat Kecamatan

Payakumbuh
Wali Kota Payakumbuh diwakili Staf Ahli, Herlina, membuka Musrenbang perdana untuk tingkat kecamatan di Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (3 Fenruari 2021).

Beritanda1 – Menyusul Musrenbang tingkat Kelurahan,  Wali Kota Payakumbuh  diwakili  Staf Ahli, Herlina, membuka Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) perdana untuk tingkat kecamatan di Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (3 Fenruari 2021).

 

Mengiringi pembukaan, Herlina mengatakan Musrenbang yang dilaksanakan  merupakan salah satu wadah untuk menyerap aspirasi masyarakat dalam upaya mewujudkan pembangunan yang partisipatif.

“Ini semua agar pembangunan 2022 dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena direncanakan secara bersama berdasarkan kondisi, potensi dan permasalahan yang kita hadapi sehari-hari,” kata Herlina.

Pihaknya berharap Kecamatan Payakumbuh Barat telah merumuskan prioritas kecamatan untuk tahun 2022, sebagai pedoman dalam pelaksanaan Musrenbang.

Herlina menyebut, peran serta masyarakat dalam pembangunan juga sangat diperlukan agar tercapainya tujuan pembangunan yang telah ditetapkan, serta kepedulian masyarakat untuk pemeliharaan sarana dan prasarana agar dapat berfungsi dan bermanfaat untuk jangka waktu lama.

“Dengan banyaknya keterbatasan kita, kami mengajak kita semua untuk memanfaatkan, menjaga dan memelihara sarana dan prasarana yang sudah ada, agar nantinya pemerintah lebih fokus membangun fasilitas baru, dan tidak lagi memperbaiki fasilitas yang sudah ada,” ajaknya.

Sementara itu, Camat Payakumbuh Barat Junaidi mengatakan, pada musrenbang di tingkat kecamatan ini, sarana infrastruktur tetap menjadi primadona untuk rencana pembangunan di tahun 2022 mendatang.

“Karena banyaknya usulan untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur baru dari setiap kelurahan, maka dari itu saat musrenbang tadi diambil jalan tengah dengan memprioritaskan usulan sesuai dengan urutan usulan masing-masing kelurahan yang telah diinput kedalam aplikasi,” ucap Junaidi.

Untuk Musrenbang tahun berikutnya, Junaidi menyebut akan lebih memprioritaskan pembangunan Masjid Agung Kota Payakumbuh yang berlokasi di Kelurahan Pakan Sinayan.

“Untuk tahun ini masih dalam proses pembebasan lahan, dan kita harapkan tahun ini proses pembebasan lahan untuk Masjid Agung akan tuntas,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Dinsos Pasaman Gelar Rakor Pemutakhiran Data Penerima BLT

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Forkopimcam Kecamatan Payakumbuh Barat, Lurah se-Kecamatan Payakumbuh Barat, Ketua KAN Koto Nan Ampek, Ketua LPM dan TP-PKK se-Kecamatan Payakumbuh Barat serta tokoh masyarakat dan tamu undangan.

Tersebab masih dalam masa pandemi covid-19, Musrenbang  Kecamatan Payakumbuh Barat dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan sebagian peserta musrenbang mengikutinya secara virtual melalui zoom meeting.

Reporter: Diko Rahmad

Artikel sebelumyaRuas Jalan Nasional di Kawasan OTS Payakumbuh Berlobang, Riza Falepi Usulkan Pengecoran
Artikel berikutnyaBerangkat ke Papua, Prajurit TNI Dibekali Randang Payakumbuh