Dibuka Bupati Yuswir Arifin, Sijunjung Gelar BBGRM Tahun 2019

Bupati Sijunjung, menyerahkan secara simbolis alat kerja pertanda dimulainya program BBGRM, , Selasa (9/7).

SIJUNJUNG – Kabuoaten Sijunjung gelar Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2019. Pembukaan kegiatan sosial ini dilakukan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin yang ditandai dengan pemukulan gong sekaligus menyerahkan alat kerja kepada perwakilan di lapangan Nagari Lalan, Kecamatan Lubuak Tarok, Selasa (9/7).

Mengiringi kegiatan, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan  BBGRM merupakan kegiatan kerjasama semua elemen masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan. Kegiatannya, diarahkan kepada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat. “Tujuan BBRGM ini untuk meningkatkan kepedulian masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan,” kata bupati.

Pemerintah daerah sendiri, berkomitmen untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya semangat kegotongroyongan, khususnya melalui kegiatan BBGRM. Pemkab Sijunjung mengalokasikan dana stimulan BBGRM sebesar Rp10 juta hingga Rp15 juta per nagari/desa. Ternyata niat baik ini direspon masyarakat, hal itu tergambar dari besarnya swadaya yang didapat dari dana stimulan yang dikucurkan.

Sejalan dengan kegiatan ini, Yuswir mendukung diadakan kompetisi antar nagari dalam pelaksanaan BBGRM. Dibawah kordinator Kadis PMN, agar melakukan penilaian dan evaluasi terhadap keberhasilan masing-masing nagari dalam pelaksanaan BBGRM ini. Alasannya Dinas PMN mengalokasikan anggaran untuk BBGRM tahun 2019, Rp993.654.248, diharapkan menghasilan swadaya masyarakat sebesar Rp714.070.141.

Sementara itu, Kepala Dinas PMN Khamsiardi mengaku akan memberikan  penghargaan dan uang pembinaan kepada nagari terbaik pelaksana kegiatan BBGRM. Juara I Rp7 juta, juara II Rp4 juta, jura III Rp3 juta, harapan I,II dan III, masing-masing sebesar Rp2,5 juta, Rp2 juta dan Rp1,5 juta.

Reporter : S. Husen

Editor     : Melatisan

Facebook Comments

BACA JUGA:  Kasus Positif Daerah Tetangga Tinggi, Gubernur Irwan Prayitno: Perketat Kembali Pengawasan Perbatasan!!!
loading...