Dibuka Bupati Yuswir Arifin Pagelaran Silek Art Festival 2019 Sijunjung Sukses

Penampilan Silek Arts Festival Sijujung di jorong Padang Ranah

SIJUNJUNG – Pagelaran Silek Art Festival (SAF) 2019 Kabupaten Sijunjung sukses. Penampilan seni tradisional Budaya Minang yang diselenggarakan 23 sampai 25 Agustus, dibuka langsung Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Jumat (23/8) di perkampungan adat Padang Ranah, Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung.

Menurut Ketua Pelaksana SAF, Jalnibus, kegiatan yang merupakan agenda nasional ini diikuti oleh 22 sasaran silek tradisonal yang ada di Kabupaten Sijunjung, serta 18 sasaran silek dari kabupaten tetangga. Selain penampilan silek, sepanjang Jumat – Minggu,  SAF juga diisi oleh 18 kesenian anak nagari yang ada di kabupaten setempat.

Walaupun pergelaran ini telah memasuki tahun ke dua di Sumbar, namun Sijunjung, baru pertama kali menjadi tuan rumah. Berkat kerjasama antar sektoral dan perhatiqn dari pemerintah daerah pergelaran ini berjalan aman lancar dan meriah.” Kami dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penyelenggara, sangat berterimakasih atas dukungan seluruh lembaga dan ninik mamak dibawah naungan LKAAM Sijunjung,” terang Jalnibus.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler, SH, MM, saat penutupan Minggu malam (25/8) menyebutkan bahwa kegiatan SAF ini merupakan upaya untuk melestarikan nilai nilai budaya Minangkabau. Apa yang menjadi tradisi dalam kehidupan masyarakat, kembali ditampilkan sebagai permainan anak nagari dalam mengisi pembangunan kebudayaan.

Selain itu, melalui Silek Arts Festival ini, sekaligus menjalin silaturahmi antara sesama sasaran silek yang terdiri dari Tuo Silek, pelatih Pandeka, para pandeka dan unsur pemuka masyarakat yang ikut andil memitivasi dan membina permainan anak nagari ini. ” Ucapan terimakasih yang setinggi tingginya kepada Ketua LKAAN dan IPSI Sijunjung, yang selalu mendampingi dari awql kegiatan sampai selesai,” ujar Ramler

Reporter : S Husen

BACA JUGA:  Bertambah 23, Jumlah Positif Covid-19 di Sumbar 144 Orang

Editor      : Melatisan

Facebook Comments

loading...