Darul Siska Wujudkan Mimpi Kaki Palsu untuk Mak Anjang

Kaki Palsu
Petugas dar puskesmas Talang membantu pemasangan kaki Palsu untuk Anwar Mak Anjang, warga Jorong Aro Nagari talang Kec. Gunung Talang Kabupaten Solok

Beritanda1—Mimpi Anwar Mak Anjang (60) untuk memiliki kaki palsu akhirnya bisa terwujud. Nyaris dua tahun setelah amputasi akibat penyakit diabetes yang didaritanya, warga dusun Parak Gadang Jorong Aro nagari talang Kec. Gunung Talang Kabupaten Solok ini menjalani hidup dengan satu kaki saja.

 

Mak Anjang, begitu masyarakat sekitar memanggilnya, kini hidup bersama keponakannya, sejak istri tercintanya meninggal beberapa tahun silam. Sementara tiga orang anaknya hidup di perantauan.

Untuk mengurangi beban sehari-hari, Mak Anjang bekerja sebagai buruh tani sembari menjadi  tukang ojek pangkalan di jorongnya. Setidaknya, upah yang didapat dari warga yang menyewa jasanya tersebut, bisa mengurangi himpitan ekonomi yang kian tinggi.

Kondisi yang dialami Mak Anjang akhirnya memantik empati warga lain untuk peduli dengan deritanya. Beberapa orang pemuda Nagari Talang mencoba berinisiatif untuk membantu mencarikan kaki palsu bagi Mak Anjang, melalui penggalangan donasi.

Melalui brosur yang dibagikan melalui media sosial, pemuda bersama TKSK Gunung Talang Rahmad Halilintar, sejumlah relasi pun dihubungi. Titik terang itupun akhirnya tampak. Pesan WhatsApp yang dikirimkan tersebut mendapat respon dari salah seorang anggota DPR RI asal Sumbar Drs. H. Darul Siska.

Tak butuh waktu lama, melalui tim ahlinya, politisi Partai Golkar itu akhirnya menyerahkan bantuan kaki palsu untuk Mak Anjang pada Kamis (3/9). Kehadiran rombongan yang didampingi Wali Nagari Talang Zulfadri, Ikatan Pemuda Nagari Talang Suhan Jagara Koto, Harry Harpenanda dan TKSK Gunung Talang Rahmad Halilintar, tersebut praktis mengagetkan Mak Anjang. Ia bahkan tak menyangka akan mendapatkan respon secepat itu.

“Alhamdulillah, mimpi saya selama ini dijawab oleh Allah. Terima kasih kepada semua masyarakat yang telah peduli, terutama pak Darul Siska yang  langsung membelikan kaki palsu untuk saya,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

BACA JUGA:  Serahkan LKPD 2019, Bupati Solok Minta BPK Lakukan Pemeriksaan Secara Detil

Terhadap bantuan itu, wali nagari Talang Zulfadri mengaku takjub dengan respon cepat yang diberikan oleh Darul Siska, meski hanya disampaikan melalui pesan WA saja. “Kami berharap agar kedepan mampu terbangun komunikasi  yang lebih baik dengan pak Darul Siska untuk membangun silaturahim yang lebih baik lagi hendaknya,” ujarnya.

Kaki Palsu
Wali Nagari Talang Zulfadri menyampaikan apresiasi kepada tim Darul Siska yang telah memberikan bantuan kaki palsu untuk Mak Anjang, warga Jorong Aro Nagari Talang

Sementara Tim Ahli Darul Siska yang diwakili oleh Darmawan menyampaikan permohonan maaf dari Darul Siska, karena tidak jadi berkesempatan mengantar langsung bantuan ini yang rencananya sudah dijadwalkan pada tanggal 4 s/d 6  Sept 2020 ini.

“Kami berharap bantuan ini jangan dipandang nilai materinya, tapi sebuah keikhlasan membantu sesama adalah sebuah nilai yang bermakna dalam mewujudkan diri kita sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya,” kata Darmawan menyampaikan pesan Darul Siska.

Terhadap kegiatan itu, Ketua IPNT Suhan Jagara koto  mengungkapkan, sebagai anak nagari, pihaknya mencoba menjalin tali kasih dengan mengumpulkan beberapa bantuan sumbangan sukarela pemuda yang peduli dan prihatin dengan kondisi Mak Anjang saat ini.

“Bahkan salah satu tokoh pemuda perantau  Maigus Tinus juga ikut terpanggil menyisihkan sedikit rejekinya, untuk kami serahkan kepada Mak Anjang dengan harapan setidaknya bisa sedikit meringankan beban sosial yang beliau hadapi,” terangnya.

Suhan menyebutkan, kegiatan jalinan sosial ini perdana dilakukan dan langsung mendapat respon positif. Atas alasan itu, ia akan berupaya membangun kebersamaan untuk saling membantu dan meringankan beban warga yang membutuhkan bantuan.  Seperti bantuan untuk yatim piyatu, bantuan bagi keluarga kurang mampu yang menghadapi masalah sosial.

kaki palsu
Anwar (60) alias Mak Anjang

“Peranan pemuda nagari sebagai paga parik nagari sejatinya mengetahui, mengerti  dan peduli terhadap kondisi sosial masyarakat salingka nagari Talang. Karena sejatinya kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA:  Panen Perdana Pisang Kepok Tanjung, Nagari Selayo Kembali Menjadi Kampung Pisang

Searah dengan itu, TKSK Gunung Talang Rahmad Halilintar mengungkapkan, pihaknya mencoba membangun jaringan sosial di wilayah kerja Kecamatan Gunung Talang melalui Pemuda & Karang Taruna Nagari, sehingga beberapa permasalahan sosial tersebut dapat kita fasilitasi secara bersama, karena apapun permasalahan yang dihadapi secara bersama maka tidak ada yang mustahil untuk mencari jalan penanggulangannya.

Dalam kegiatan bantuan Kaki Palsu kali ini, pihaknya turut menyampaikan apresiasi kepada pribadi Darul Siska yang selalu berfikir positif dan berjiwa sosial yang kuat.  Hal ini dinilai sangat membantu memfasilitasi permasalahan serupa yang terkadang belum terakomodir pada Program Pemerintah Daerah.

“Kami berharap Bang Darul selalu membuka diri untuk permohonan sosial yang kami butuhkan, sepanjang sebatas kemampuan dan kapasitas yang beliau miliki. Kami berharap juga semoga tokoh nasional lainnya juga terpanggil untuk bergerak cepat dalam penanganan kesenjangan sosial di daerah,” pungkasnya.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...