Dapat Kucuran Rp2,3 Miliar dari Pusat, Armada Pengangkut Sampah di Pessel Bertambah

31
Kadis DLH Pessel Jumsu Trisno

PAINAN—Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat, kembali mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp2,3 miliar dari pemerintah pusat. Anggaran tersebut bakal direalisasikan pada 2020 oleh pusat berupa armada pengangkut sampah di daerah itu.

“Anggarannya bersumber dari DAK pusat senilai Rp2,3 miliar untuk sarana pengelolaan lingkungan hidup,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pessel Jumsu Trisno pada wartawan di Painan, Kamis (8/8).

Jumsu mengatakan, jenis kendaraan pengangkut sampah yang bakal direalisasikan antara lain, dua unit damtruk, dua unit ambrol, lima unit roda tiga, 10 unit gerobak dan empat unit konteiner. “Saat ini, kami masih menunggu proses verifikasi sekaitan proposal yang kita usulkan sebelumnya ke pusat,” tuturnya.

Lebih lanjut kata dia, pemanfatan sejumlah armada tersebut bakal disesuaikan dengan kebutuhan daerah, selain itu juga diperuntukan untuk sejumlah wisata yang ada di daerah itu. “Jadi, bantuan ini bakal kita prioritaskan untuk percontohan daerah lain, seperti Nagari di Mandeh, karena kawasan ini berdampingan dengan wisata yang saat ini cukup populer di Pessel,” ucapnya.

Sedangkan, lanjut Jumsu, untuk pemanfaatan bantuan damtruk dan ambrol sendiri akan dikelola oleh Bidang Kebersihan pada Dinas Pekerjaan Umum (PU), untuk kegiatan pengangkut sampah. “Tapi semua pengadaannya melalui DLH Pessel yang nantinya bakal dikucurkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” ujarnya.

BACA JUGA:  Selang Gas 3 Kilogram Bocor,  Kedai Sarapan Pagi di Solsel Nyaris Ludes Terbakar

Reporter: OKIS ROCKIN

Editor: MALIN MARAJO

Loading...
loading...