Ciptakan Generasi Berkualitas, Tokoh Saniangbaka Dukung Bimbel Super Intensif

Buka
Disaksikan wali nagari Defrizal Chandra Bahar dan ketua DPRD Kab. Solok Jon Firman Pandu, tokoh masyarakat Saniangbaka H. Nofi Candra, memasangkan tanda peserta menandai dimulainya Bimbel Super Intensif bagi pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, Sabtu (6/6).

Beritanda1Menjelang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pasca lulus dari SLTA tahun pelajaran 2020, puluhan pelajar di nagari Saniangbaka, kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel) Super Intensif SBMPTN 2020 selama sebulan ke depan.

 

Kegiatan Bimbel Super Intensif yang digerakkan generasi muda bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Saniangbaka, mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Nagari,  tokoh perantau DPD IWS (Ikatan Warga Saniangbaka) dan pemuka masyarakat yang berkomitmen melahirkan generasi muda berkualitas.

Gejala itu terlihat dari kehadiran Dewan Penasehat DPP IWS yang juga mantan anggota DPD RI H. Nofi  Candra bersama Ismail Koto, mantan Asisten II Setda Kab Solok H. Yunasman, Ketua Yayasan Pendidikan Saniangbaka sekaligus anggota DPRD Septrismen, Ketua KAN dan Ketua BMN serta Wali Nagari Saniangbaka Defrizal Candra Bahar dan Ketua DPRD Kab Solok Jon Firman Pandu, Sabtu (6/6) di Aula Kantor Wali Nagari Saniangbaka.

Pandu
ketua DPRD Kab. Solok Jon Firman Pandu memasangkan tanda peserta menandai dimulainya Bimbel Super Intensif bagi pelajar Saniangbaka yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, Sabtu (6/6).

Mengiringi pembukaan Bimbel, Ketua DPRD  Jon Firman Pandu mengapresiasi program pendidikan nagari  Saniangbaka dalam upayanya menciptakan dan mengarahkan masa depan generasi muda di nagari tersebut.

Dikatakan Jon Pandu, program Bimbel yang dikembangkan nagari Saniangbaka sebagai usaha mempersiapkan generasi muda yang berkualitas dan kompetitif, pantas dimotivasi agar berkembang.

Ia sekaligus menyampaikan ketakjubannya terhadap nagari yang berada di tepi Timur danau Singkarak itu, karena sejak dahulu sudah banyak lahir tokoh- tokoh Saniangbaka yang menjadi inspirasi dalam bidang ekonomi dan pemerintahan. ” Hendaknya keunggulan dan potensi nagari ini menjadi motivasi bagi pelajar dan generasi muda Saniangbaka untuk berkembang dimasa yang akan datang,” jelasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Solok ini menaruh harapan, dalam era globalisasi  generasi muda bisa mengangkat ekonomi baru, dan para generasi muda menjadi pelopor di bidangnya

BACA JUGA:  Hadiri Pelantikan DPW IKPM Bali, Ini Harapan Bupati Solok Kepada Perantau

” Kita ingin, bagaimana ke depan anak anak muda,   selesai sekolah,  bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. Menjadi pengusaha muda dan tidak semata- mata berorientasi menjadi pegawai negeri,” jelasnya.

Sambutan
Tokoh masyarakat Saniangbaka H. Nofi Candramemberi sambutan dihadapan peserta Bimbel Super Intensif bagi pelajar Saniangbaka yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, Sabtu (6/6).

Dalam konsepnya, ia mendukung bagaimana menciptakan anak sekolah agar tidak berpikir mencari kerja,  tetapi bagaimana mampu menciptakan lapangan kerja. Jon Pandu optimistis anak muda Saniangbaka akan sukses,  karena banyak tokoh tokoh yang menjadi inspirasi dan mendukung kemajuan ini.

Disisi lain, Ketua DPRD yang juga ketua Partai Gerindra itu menjelaskan soal menjaga protokoler kesehatan selama pandami Covid 19 yang masih menggurita saat ini. Ia menekankan agar peserta Bimbel dan masyarakat tetap memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan.

Memasuki fase berkehidupan baru yang  akan dimulai, diakui ada pelonggoran-pelonggaran ketentuan, tetapi tetap berada dalam koridor kesehatan. ” Karena itu, kita hari ini sekaligus menyerahkan bantuan masker agar dapat dimanfaatkan untuk memutus penyebaran virus Corona,” papar Jon Firman Pandu.

Sementara itu, Dewan Penasehat DPP IWS Nofi Candra selain menyampaikan pesan Ketua Umum IWS, dirinya juga menaruh harapan tinggi agar bagaimana pelajar dan generasi muda Saniangbaka bisa mewujudkan mimpinya menjadi generasi berkualitas.

” Kita berusaha hadir dalam pembukaan bimbel ini sebagai bentuk kepedulian kepada pendidikan anak nagari, meski   dalam kondisi pandemi covid 19,” kata Nofi Candra.

Ia sekaligus mendo’akan agar selepas mengikuti Bimbel Super Intensif ini, semua peserta lulus pada  sejumlah Perguruan Tinggi yang diinginkan.

Senada, ketua Yayasan Pendidikan Saniangbaka Septrismen mengaku akan terus mendukung program pendidikan yang digerakkan generasi muda untuk melahirkan kader-kader yang berkualitas dalam memenuhi perkembangan

Dukungan nyata juga disampaikan Wali Nagari Defrizal Chanda Bahar. Wali nagari dua periode itu selain menyampaikan soal protokoler kesehatan yang harus dipatuhi  selama masa pandemi Covid 19, ia juga  memberi motivasi agar peserta memiliki kesungguhan belajar.

BACA JUGA:  Diganti Daring, Pemkab Pesisir Selatan Batalkan Pembelajaran Tatap Muka di SD
Bersama
Foto bersama dengan peserta Bimbel Super Intensif Saniangbaka

Para generasi muda Saniangbaka, kata Wali Nagari, harus dapat mencontoh dan meneladani tokoh tokoh Saniangbaka yang banyak berkiprah di pemerintahan dan swasta. ” Dengan Bimbel ini,  harusnya menjadi ukuran untuk mencapai kemajuan sampai kelak lulus menjadi sarjana dan sukses dalam bekerja,” tutur Wali Nagari

Terkait program pendidikan ini, ketua pelaksana, Ofesasra melaporkan, Bimbingan belajar (Bimbel) Super Intensif IV Ikatan Warga Saniangbaka (IWS) tahun 2020 menuju SBMPTN 2020 dimaksudkan  untuk memetakan bakat dan keinginan peserta memasuki perguruan tinggi.

Kegiatan bimbel di nagari Saniangbaka  telah dilakukan sejak tahun 2017. Pada tahun ini, jumlah peserta sebanyak 31 orang akan mengikuti kursus mulai tanggal 8 Juni  hingga  3 Juli 2020. ” Dengan Bimbel ini, kita berusaha memetakan dan mendorong siswa akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi sesuai bakat dan kemampuannya, ” terang Ofesasra.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

loading...