Beranda Daerah Bupati Tanah Datar Kunjungi Perantau Batam, Paparkan Program Satu Rumah, Satu Hafizh...

Bupati Tanah Datar Kunjungi Perantau Batam, Paparkan Program Satu Rumah, Satu Hafizh dan Hafizah

Tanah
Menandai kunjungannya, Bupati Tanah Datar Eka Putra bertukar cenderamata dengan Ketua IKLB Batam selepas dalam serangkaian kegiatan silaturahmi dengan perantau

Beritanda1 – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar tidak melulu memperhatikan masyarakat di Kampung halaman, tetapi juga masyarakat di perantauan mendapat porsi perhatian yang cukup.

 

Bentuk perhatian Pemkab Tanah Datar tersebut, terlihat dari kunjungan Bupati Eka Putra bersama Kadis PMDPPKB Nofenril, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Abdul Hakim, Camat dan beberapa pejabat Eselon III ke Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (12/09).

” Kedatangan kita ke Batam ini untuk menggali informasi dan melihat langsung masyarakat Tanah Datar di perantauan serta memberi semangat kepada dunsanak kami semua di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19. Mari perkuat rasa peduli dan persaudaraan sesama perantau.,” ujar Eka Putra ketika melakukan silaturahmi di Pusat Informasi Haji Batam Center Kota Batam.

Bupati
Bupati Eka Putra Memaparkan Program Yang Tengah Dilakukan Pemerintah Daerah Dihadapan Para Perantau Iklb Kota Batam

Disebutkan Bupati Eka Putra, perantau Tanah Datar banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan ada di luar negeri, tak terkecuali perantau asal Lintau IX Koto.

Namun akibat pandemi Covid-19, banyak juga warga perantau yang terdampak, sehingga tetap menjadi perhatian Pemerintah Daerah.

Pada kesempatan, bupati Tanah Datar sekaligus menyampaikan program pembangunan daerah yang direncanakan dan sedang dilakukan.

Dipaparkan Eka Putra, dibawah kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Richi Aprian pasca dilantik beberapa bulan yang lalu, berbagai program pembangunan, seperti sepuluh program unggulan telah disusun dalam RPJMD yang akan direalisasikan pada tahun 2022.

“Saat ini, program unggulan yang sudah mulai dilaksanakan adalah program satu rumah, satu hafizh dan hafizah. Ini dilakukan merujuk pada visi daerah yaitu Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar Yang Madani, Berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” ujarnya.

Karena alasan itu, Eka Putra langsung mengajak perantau yang sukses untuk dapat bersama-sama membangun kampung halaman, karena peran perantau juga sangat diharapkan untuk kemajuan Tanah Datar ke depan.

BACA JUGA:  Kejuaraan Dunia Arung Jeram SGRWC Berakhir. Ini Tim Peraih Juara Umum

Disisi lain, Bupati Eka Putra menyebut, banyak potensi wisata di Tanah Datar yang bisa dikembangkan. Diantaranya Danau Singkarak sebagai salah satu destinasi yang diusulkan sebagai geopark Nasional yaitu Ngalau Pangian.

Perantau
Para Perantau Iklb Batam Mendengarkan Sambutan Bupati Eka Putra Dalam Pertemuan Di Di Pusat Informasi Haji Batam Center

Menyikapi itu, pemerintah daerah bersama Dinas Pariwisata menggerakkan pokdarwis di nagari-nagari, sekaligus sebagai upaya mendukung iven wisata yang juga merupakan program daerah seperti satu ivent satu nagari.

Sebelumnya, Ketua IKLB Kota Batam Arlon Varisto mengatakan, akibat pandemi covid-19, cukup banyak warga perantau yang terdampak. Sehingga cukup banyak juga warga yang kehilangan pekerjaan, usaha transportasi sepi penumpang, usaha rumah makan juga lesu dan usaha-usaha lain yang ikut terimbas.

Namun demikian, Arlon menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Eka Putra yang telah mengunjungi warga Tanah Datar di perantauan.
” Semoga kunjungan Bapak Bupati dapat meningkatkan motivasi serta menghangatkan hubungan silaturrahmi antara perantau dengan pemerintah daerah untuk saling bersinergi dalam membangun kampung halaman,” kata Arlon Varisto.

Reporter: Reyhan

Artikel sebelumyaJuara Guru Hebat, Tiga Guru Honorer Pesisir Selatan Diangkat Jadi Guru Kontrak Daerah
Artikel berikutnyaSalurkan Liquid Oksigen, Polda Riau Gandeng Kadin Dan OJK Riau Guna Tingkatkan Herd Immunity