Bupati Pasaman Sambut Hangat Kunker Dinas Pertanian Peternakan Balangan Kalsel

3
Bupati Pasaman Yusuf Lubis saat menyambut Rombongan Kunker dari Kab.Balangan Prov Kalimantan Selatan, Ksmis (26/9)

PASAMAN – Bupati Pasaman Yusuf Lubis  menyambut kunjungan kerja sejumlah Pejabat dan rombongan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Rombongan tersebut dipimpin oleh Asisten II, Ekonomi Pembangunan, H. Husaini, Kepala dinas Pertanian dan Peternakan Rahmadi, yang bertempat di ruang kerja Bupati Pasaman, Kamis (26/9).

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis mengatakan sangat mengapresiasi  Kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Balangan Kalsel tersebut. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada  rombongan pemerintah Balangan yang telah mau menginjakan kakinya di ranah Pasaman Saiyo ini.

“Saya mengharapkan pihak terkait, terutama Dinas Pertanian dan Peternakan Pasaman agar bisa memberikan gambaran tentang pertanian dan peternakan di daerah ini seadanya terhadap tamu dari Kalimantan tersebut. Selain sektor Pertanian, sektor Peternakan juga menjadi sektor yang penting di sini,” ujar Yusuf Lubis.

Sementara Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan pemerintah Balangan H. Husaini mengatakan, kunjungannya beserta rombongan ke Kabupaten Pasaman kali ini merupakan untuk melihat langsung program serta kegiatan bidang peternakan di daerah ini sekaligus untuk bisa belajar dari apa yang telah dilaksanakan oleh Kabupaten Pasaman ini , ia juga mengakui masih kurangnya SDM di bidang peternakan di daerahnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Balangan, Rahmadi juga menyampaikan, bahwa adanya rekomendasi  dari Pemerintah Pusat  bahwa Kabupaten Pasaman adalah satu satunya Kabupaten di  Sumatera Barat yang telah menerapkan Pejabat Otoritas Veteriner. Selain itu, untuk hasil pertanian dan perkebunan yang mencapai Surplus, diantaranya adalah Karet dan Padi.

BACA JUGA:  Wow, 7 Karya Budaya Pessel Masuk WBTB

Terkait dengan kunjungan dari Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan tersebut, Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan melalui Kabid Peternakan Kabupaten Pasaman,  Romi telah menyiapkan Paparan yang di sampaikan di ruang rapat Bupati Pasaman tersebut.

Romi dalam paparannya menjelaskan, bahwa terdapat 6 (enam) Pejabat veteriner yang telah ada di daerah ini , sedangkan untuk pejabat Dokter hewan berwenang diantaranya adalah Drh. listiyanto, Drh. Maimunah, dan Drh. Ariza Sumarni. “Sedangkan Dokter hewan yang menjadi pejabat Otoritas Veteriner yang di SK kan oleh Bupati Pasaman adalah Drh. Listiyanto,” ujar Romi.

Romi juga menambahkan terkait penyelenggaraan Kesehatan Hewan  masyarakat veteriner telah di lakukan beberapa langkah, diantaranya telah di sertifikasi halalnya RPH Lubuk Sikaping sekaligus telah memiliki NKV, dan menugaskan Dokter hewan Pengawas Kesmavet yang terdiri dari tenaga Kontrak.

Selain itu juga di laksanakan penyusunan standar mutu penyelenggaraan Kesehatan Hewan  dan di ikuti dengan pengidentifikasian masalah dan pelaksanaan pelayanan kesehatan hewan. Disamping itu dilaksanakannya pengendalian dan penanggulangan penyakit hewan serta adanya pengawasan dan pengendalian terhadap pemotongan ternak ruminansia betina produktif dan atau ternak Ruminnasia indukan,” terang Romi.

Pihaknya juga akan melakukan pengawasan tindakan terhadap penganiayaan dan penyalahgunaan terhadap hewan serta aspek kesejahteraan hewan lainya. Dan untuk pengelolaan tenaga kesehatan hewan, telah di bentuk dibtiga daerah diantaranya, Puskewan Tigo Nagari, Puskeswan Lubuk Sikaping dan Puskeswan Rao.

Adanya pengembangan profesi kedokteran Hewan, ulas Romi, pengawasan penggunaan alat dan mesin kesehatan hewan, perlindungan hewan dan lingkungannya, penyidikan dan pengamatan penyakit hewan, menjamin ketersediaan dan mutu obat hewan dan  keamanan pakan serta bahan pakan asal hewan. Kegiatan itu  di tambah dengan penyusunan prasarana dan sarana serta pembiayaan kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner serta dengan pengelolaan medik akuantik dan medik konservasi,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Pasaman Kejar Ketertinggalan, Kualitas SDM Diperkuat dan Pendidikan Diprioritaskan

Reporter : MA

Editor     : Melatisan

Loading...
loading...