Bupati Hendrajoni, Meski Hari Libur Tetap Dekat Dengan Masyarakat

PAINAN–Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni memang tak kenal lelah dan selalu dekat dengan masyarakat. Selain jago melobi anggaran ke pusat, ia juga piawai menggaet APBN untuk keperluan pembangunan daerah dan masyarakat. Masuk dari kampung ke kampung sudah menjadi hal biasa bagi mantan Perwira Polisi berpangkat AKPB ini.
Bahkan, hari libur yang biasanya dimanfaatkan sebagian pejabat untuk bersantai dengan keluarga jarang dimanfaatkan oleh Bupati Hendrajoni. Ia tetap turun kelapangan untuk meninjau dari dekat pengerjaan proyek sembari mendengarkan keluhan masyarakat sekitar.
Pada, Minggu (22/9) titik yang menjadi kunjungan kerjanya adalah Kecamatan Batang Kapas, setidaknya ada lima lokasi yang menjadi sasaran saat itu, yakni meninjau bendungan irigasi Batang Jalamu, Pasar Batangkapas, abrasi pantai di Muaro Kampung Bukik Tambun Tulang, Nagari IV Koto Hilie, pembangunan jalan Kabupaten di Limau Manih Sungai Pampan, Nagari Koto Nan Tigo serta melihat pembangunan Embung di Tanah Kareh Kampung Limau Manih, Nagari Koto Nan Tigo.
Pada kesempatan itu, Bupati Hendrajoni didampingi Camat Batangkapas Wendra Roviko. Hal ini ibarat obat penawar bagi masyarakat setempat. Betapa tidak, keluh kesah selama ini langsung terjawab oleh orang nomor satu di Kabupaten Pesisir Selatan tersebut, satu persatu pertanyaan masyarakat dijawab seraya mencarikan solusinya.
Seperti keluhan masyarakat terkait bendungan irigasi Batang Jalamu yang jebol dihantam banjir beberapa waktu lalu, ia langsung mengintruksikan Kepala Dinas PSDA dan BPBD untuk segera memperbaikinya dengan dana tanggap darurat.
“Ya, bakal kami perbaiki menggunakan dana tanggap darurat. Mohon disegerakan pengejaannya Pak Kadis,” ujarnya di lokasi.
Respon yang cepat dari seorang Bupati Hendrajoni bak angin segar bagi masyarakat. Solusi yang tanggap membuat mereka senang dengan harapan agar cepat pula turun ke sawah.
Begitu pula ketika ia mengunjungi Kampung Bukik Tambun Tulang, Nagari Ampek Koto Hilie, saat berada ditengah-tengah masyarakat ia menyebutkan abrasi pantai di pemukiman warga sekitar bakal segera ditangani dengan pembangunan batu penahan ombak.
Namun, untuk kelengkapan administrasinya, ia meminta kepada Camat dan Wali Nagari agar segera membuat proposal permohonan pembangunannya.
“Nanti bakal kami upayakan dengan pembangunan batu penahan ombak. Jika tidak ada anggaran daerah saya akan lobi ke pusat,” katanya lagi.
Pada lokasi lainnya, tepatnya di Kampung Limau Manih Sungai Pampan, Nagari Koto Nan Tigo, Bupati Hendrajoni merasa tersanjung melihat teriakan masyarakat yang sudah lama menunggu kedatangan rombongan.
“Tarimo kasih Pak Bupati jalan kami alah rancak,” ucap sekelompok kaum emak-emak ketika mobil yang ditumpangi bupati berhenti dihadapan mereka.
Selain itu, mereka juga menyampaikan permintaan air bersih dan jalan menuju pantai sekitar agar segera di aspal.
“Kami doakan Pak Bupati agar sehat selalu dan sukses menjalani pekerjaan sehari-hari,” tutur seorang perempuan paruh baya Imay (68).
Reporter: OKIS ROCKIN
Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

BACA JUGA:  Penambahan Positif Covid-19 di Sumbar Hari Ini, Warga Padang Terbanyak
loading...