Bupati Hendrajoni Janji Bakal Aspal Jalan Rimbo Bawang di 2021

Hendrajoni
Bupati Hendrajoni mengendarai motor trabas diiringi ratusan petani karet menuju jalan Rimbo Bawang, Kampung Lagan Gadang, Nagari Lagan Mudiak Punggasan, Kecamatan Linggosaribaganti.

Beritanda1 — Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Hendrajoni, kembali melakukan kunjungan kerja (kungker) ke daerah terpencil jalan Rimbo Bawang, tepatnya di Kampung Lagan Gadang, Nagari Lagan Mudiak Punggasan, Kecamatan Linggosaribaganti, Selasa (22 September 2020).

 

Dengan mengendarai motor trabas (trail), Bupati Hendrajoni terlihat diiringi ratusan motor petani karet dari simpang Lagan menuju jalan Rimbo Bawang yang ditempuh dengan jarak sekitar 6 kilometer perjalanan.

“Alhamdulillah, masyarakat terlihat antusias mengawal rombongan Bupati Hendrajoni saat itu,” ujar Efrizal yang akrab disapa Buyuang itu.

Walaupun sore itu cuaca sedikit mendung, namun tak menyurutkan niatnya berkunjung ke daerah tersebut. Padahal sebelumnya, ia bersama rombongan juga sudah mengunjungi sejumlah lokasi yang sebelumnya sudah dijadwalkan kedalam agenda hari itu.

Diketahui, jalan Rimbo Bawang merupakan akses penghubung antara Nagari Lagan Mudiak Punggasan, Kecamatan Linggosaribaganti menuju Nagari Pelangai Kaciek, Kecamatan Ranah Pesisir. Sekitar ribuan jiwa menggantungkan ekonomi dengan bertanam karet untuk menghidupi keluarga mereka.

“Jalan Rimbo Bawang ini sudah puluhan tahun terisolir dan tidak tersentuh bantuan pemerintah. Masyarakat disini umumnya adalah petani karet dan sangat berharap jalan ini bisa segera diperbaiki. Mudah-mudahan dengan kunjungan bapak Bupati kesini, keluhan warga selama ini bisa terjawab,” katanya lagi.

Tokoh masyarakat setempat, Ajis (56), dalam sambutannya menyampaikan terimakasih banyak atas kedatangan Bupati dan rombongan ke daerah itu. Sebab, baru pertama kali seorang Bupati hadir menjemput aspirasi masyarakat sekaligus meninjau langsung kondisi jalan Rimbo Bawang yang ada di daerah tersebut.

Ia mewakili masyarakat setempat sangat berharap kondisi itu mendapat perhatian serius, khususnya persoalan infrastruktur seperti jalan dan jembatan untuk membuka akses warga sekitar.

“Sakit hati kami terhadap janji-janji politik selama ini, akhirnya terobati. Kami yakin Bapak Hendrajoni orang yang sangat baik dan tidak suka bohong. Makanya saya ajak tadi beliau naik motor trabas, agar tau betapa beratnya medan yang dilalui warga ketika hendak ke ladang,” ujar pria yang juga pensiunan Polisi ini.

BACA JUGA:  Seru...Jelang Final Nofi Candra Cup, Kinantan FC Tundukkan Ipekos FC 3-2

Sementara itu, Bupati Hendrajoni mengatakan, kedatangannya ke daerah tersebut untuk melihat dari dekat kondisi warga di pelosok Kabupaten Pesisir Selatan, sekaligus bersilaturahmi secara langsung.

“Ya, daerah ini dikenal dengan penghasil karet terbesar di Kabupaten Pesisir Selatan. Bahkan, tadi ada yang bilang ke saya seminggu bisa panen sampai 20 ton. Potensi ini sangat luar biasa. Tentunya perlu di dukung dengan infrastruktur yang memadai. Insya Allah 2021 jalan ini bakal kita aspal. Besok saya perintahkan Dinas PU untuk mencek jalan ini, kemana arah yang bagus nantinya,” kata Hendrajoni diiringi antusias tepuk tangan masyarakat sekitar.

Sebagai bentuk rasa syukur masyarakat setempat, sejumlah Emak-emak memberikan oleh-oleh Lamang Tapai dan Kerupuk Jengkol kepada Bupati Hendrajoni. “Tarimokasih banyak, Pak. Kami doakan semoga bapak dan ibu, sehat selalu hendaknyo, Amin,” tutur Eti perwakilan Emak-emak daerah setempat.

Reporter: Okis Rockin

Facebook Comments

loading...