Bupati Gusmal Resmikan Masjid Baabul Jannah Nagari Koto Gadang Guguak

Gusmal
Peresmian masjid Baabul Jannah Koto Gadang Guguak, Bupati Solok H. Gusmal ditandai dengan penekanaan sirine disaksikan calon bupati Solok H. Nofi Candra , Jum'at (23 Oktober 2020 ).
Beritanda1 – Bupati Solok Gusmal resmikan pemakaian masjid Baabul Janna nagari  Koto Gadang Guguak Kecamatan Gunung Talang,  Jumat (23 Oktober 2020).
Peresmian  yang ditandai dengan penguntingan pita dihadapan Calon Bupati Solok Nofi Candra, juga hadir Ketua TP PKK kab Solok Ny. Desnadefi Gusmal, Kepala Kantor Kemenag Drs. H.Alizar Chan, Asisten Ekbangkesra Medison, Kabag Humas Syofiar Syam, Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri, Camat gunung Talang beserta muspik, Walianagari Koto Gadang Guguak Charles Camra.
Pengurus masjid Fadly Novebriko melaporkan, masjid
Baabul Jannah awalnya merupakan sebuah Surau. Mengingat  semakin padatnya penduduk, dari hasil musyawarah dan secara swadaya serta bantuan pihak lain, dapat dikembangkan menjadi masdjid yang permanen sesuai Surat Keputusan (SK)Bupati Solok.
” Masdjid Baabul Jannah letaknya cukup strategis yang diramaikan sholat berjemaah, bahkan sholat subuh. Disini juga selalu ada pengajian minimal satu kali seminggu dan kegiatan keagamaan lainnya,” papar Fadly.
Terhadap itu, Walinagari Koto Gadang Guguak Charles Camra mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat, sehingga terlaksana acara yang sangat dinantikan masyarakat.
Dengan diresmikannya masjid ini, kata Wali Nagari, akan semakin menambah semangat dalam beribadah ke masjid yang sangat bersih dan nyaman ini. ” Kita menaruh harapan kepada para pemuda dan masyarakat agar dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan keagamaan kedepan nantinya,”ujar Charles Camra.
Pihaknya sekaligus menyampaikan terima kasih atas bantuan 1000 bibit ikan dari Dinas Perikanan yang dilepaskan dikolam di samping masjid Baabul Jannah tersebut.
Menyambut kehadiran masjid tersebut, Bupati Solok H. Gusmal tanpa terasa kembali mengingat masa kecil, dimana dirinya sering sholat di surau yang telah menjadi masjid itu.
Surau ini merupakan satu satunya di Koto Gadang Guguak pada waktu itu, tempat dimana masjid ini berdiri diatas tanah suku Supanjang. ” Saat ini sudah diserahkan kepada pengurus masjid. Kembali dibangun baru masjid Babbul Jannah menjadi Masjid yang ke 3 di Koto Gadang Guguak,” kata Gusmal yang notabene putra nagari setempat.
Gusmal berharap, masjid Baabul Jannah hendaknya menjadi multifungsi. Tidak hanya menjadi tempat beribadah saja,  tetapi sudah manjadi tempat bermusyawarah dan mufakat bagi masyarakat.
” Dengan peresmian masjid ini, diharapkan betul-betul dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya,” pinta Gusmal.
Reporter: Wezi Rismanto

Facebook Comments

BACA JUGA:  Wujudkan Milenial Religius, MTs Muhammadiyah Surantih Gelar Pekan Maulud
loading...