Bupati Gusmal: Kepala SKPD, Camat dan Wali Nagari Agar Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

93

AROSUKA – Para Kepala SKPD, Camat dan Wali Nagari di Kabupaten Solok diminta agar selalu meningkatkan kualitas pelayanan publik. Terutama kepala SKPD, dihimbau agar menyerahkan urusan perizinan yang masih berada di instansi bersangkutan kepada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), karena SKPD hanya memproses rekomendasi teknis yang dibutuhkan dalam penerbitan izin.

Penegasan itu disampaikan Bupati Solok H. Gusmal pada Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Bidang Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja, Ombudsman Perwakilan Sumbar, BLK Padang,BPJS Kesehatan Dan BPJS Ketenagakerjaan Dengan Camat dan Wali Nagari Se Kabupaten Solok di ruang Solok Nan Indah Arosuka, Selasa (18/02/20).

Bupati Gusmal lebih jauh mengingatkan, para Camat dan Wali Nagari agar lebih mengidentifikasi pemberian izin mendirikan bangunan yang menjadi kewenangannya.

Selanjutnya menyampaikan rekomendasi yang menyeluruh terkait persyaratan perizinan, waktu dan biaya, sehingga masyarakat tidak bolak balik dan mengakibatkan memakan biaya dan waktu yang banyak.

Ia sekaligus meminta kepada SKPD terkait, beserta camat dan wali nagari agar menyiapkan data data pencari kerja/Pengangguran, Pekerja/Buruh aktif dan korban PHK. ” Semua diharapkan dapat diusulkan sebagai penerima program Kartu Prakerja,” tukuk Gusmal.

Bupati Solok H. Gusmal berikan pengarahan pada rakor dan sosialisasi Bindang Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja
Bupati Solok H. Gusmal berikan pengarahan pada rakor dan sosialisasi Bindang Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja

Instansi terkait juga harus menyiapkan daya dukung terhadap pelaksanaan program strategis nasional tentang kartu prakerja dengan menyiapkan data data pencari kerja.

” Identifikasi program dan kunjungan pelatihan baik di BLK Solok maupun Pelatihan di Luar Kab Solok yang Sesuai dengan minat dan Kebutuhan,” jelas Bupati Gusmal

BACA JUGA:  Khidmat, 35 Anggota DPRD Kab. Solok Periode 2019-2024 Disumpah

Semua harapan Gusmal itu lebih untuk meningkatkan SDM dan kompetensi tenaga kerja. Karena itu perlu diadakan pelatihan dan pemagangan, baik di dalam dan diluar negeri. ” Untuk Kabupaten Solok pada tahun 2020 ini akan ada pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK sebanyak 20 Paket,” kata Bupati ucap.

Sebelumnya, dihadapan Kepala Naker Provinsi Sumbar Rina Adyanti,S.IP.M.Si, Kepala BLK Wilayah Sumbar Hari Samsi, Ombudsman perwakilan Sumbar Yunesa Rahman, BPJS Kesehatan Cabang Solok Dr.Rudi Widjajadi, M, Kes, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok Muhammad Fanani, Kepala SKPD, Camat dan Wali Nagari dan Kepala SMK se kabupaten Solok, Kepala Dinas PMPTSP Naker Drh. Kennedy Hamzah melaporkan
tujuan kegiatan untuk melakukan sinkronisasi dan sinergi dalam pelaksanaan program kegiatan antara PTSP Naker dengan SKPD, Camat, Wali Nagari dan Kepala SMK Se kabupaten Solok.

Kecuali itu, pihaknya mengharapkan agar terbangun peningkatkan pemahaman dalam melaksanakan kewajiban atas kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan dan kesehatan bagi tenaga kerja di Kabupaten Solok. ” Diharapkan terjadi persamaan persepsi terhadap peningkatan pelayanan publik serta adanya komitmen bagi kemudahan investasi penanaman modal di kabupaten Solok,” jelasnya.

Reporter: Wezi Rismanto
Editor     : Melatisan

Facebook Comments

Loading...
loading...