Bupati Gusmal Antusias Lakukan Kesepakatan Pencegahan Korupsi

34
Bupati Gusmal menandatangani kesepakatan tentang pencegahan penyelewengan dan penyimpangan terhadap pemasukan daerah, Kamis (18/7).

AROSUKA – Bak gayung bersambut, perjanjian kerjasama yang dibangun antara Pemerintah Daerah se Provinsi Sumatera Barat dengan Kanwil Badan Pertanahan  Nasional (BPN) dan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (PJP) Sumbar dan Jambi, serta Dirut Bank Nagari, direspon antusias oleh bupati Solok H. Gusmal.

Alasannya, jelas Gusmal,  kegiatan kerjasama ini degan sendirinya  mendukung program pemerintah Kab. Solok yang telah dirancang sebelumnya,  yaitu aksi pencegahan korupsi. “Kerjasama ini akan selalu dipantau oleh KPK, karena itu kita  mengajak seluruh kepala SKPD dan jajaran untuk melaksanakan operasional kerjasama ini,” sambut Gusmal.

Pernyataan itu disampaikan Gusmal sesaat setelah melakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama disaksikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Pimpinan KPK RI Saut Situmorang, di Gubernuran Sumbar, Kamis (18/7) di Padang.

Ditegaskan Gusmal, pihaknya sangat  mendukung perjanjian kerjasama ini, karena akan dapat mencegah terjadinya penyelewengan dan penyimpangan terhadap pemasukan daerah Kab. Solok. Disisi lain,  pihaknya  juga akan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan  membayar pajak.

Dengan  adanya kerjasama ini, diharapkan  dapat memunculkan kerjasama lainnya dalam rangka mengoptimalisasikan pemasukan daerah. “ Kita ingatkan seluruh  SKPD supaya dapat menyusun langkah-langkah selanjutnya untuk merealisaskan kerjasama ini, seperti pembayaran pajak yang biasanya masih manual,  kedepan dapat dilaksanakan secara online,” kata Gusmal

Senada dengan Gusmal, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengaku dengan perjanjian kerjasama ini diharpkan dapat meminimalisir adanya pungli dan praktek korupsi di wilayah Sumatera Barat. “  Kita  selalu berusaha untuk transparansi dengan pajak parkir, restoran, hotel dan lainnya, serta dapat mempertanggungjawabkannya,” papar Irwan Prayitno.

BACA JUGA:  Dinyatakan P21, Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa Wali Nagari Talang Babungo Segera Disidangkan

Reporter  : Melatisan

 

Loading...
loading...