Bupati dan Masyarakat Solok Gelar Sholat Gerhana Matahari di Islamic Center

134
Bupati Solok Gusmal
Bupati Solok Gusmal

Beritanda1 —Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam memutus mata rantai  penyebaran Covid-19, Bupati Solok H.Gusmal, SE,MM bersama masyarakat menggelar shalat Zuhur dan shalat Gerhana matahari berjama’ah di Masjid Islamic Center Kotobaru Solok Minggu (21/6).

 

Datang lebih awal dan menunggu jemaah dari masyarakat lainnya, Bupati yang hadir bersama Sekdakab Solok H.Aswirman, Askor Eksbangkesra Medison, SKPD di lingkup Pemkab Solok dan Kemenag Kab.Solok mengaku takjub dan gembira, bisa menggelar shalat berjama’ah bersama masyarakat setempat.

“Sudah lama saya tidak shalat di masjid Islamic Center ini sejak pandemi Covid-19 menyerang negeri ini.  Saya rindu dan gembira sekali dapat melaksanakan shalat bersama dan berkumpul kembali dengan masyarakat,” ungkap bupati haru.

Bupati mengungkapkan, saat ini masyarakat tak lagi hidup bebas seperti biasa dijalani dulu. Karena di saat pandemi mewabah, kita harus hidup dengan cara baru (new normal) sesuai anjuran pemerintah dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sebagaimana protokol kesehatan dalam masa pandemi ini, sebelum memasuki masjid, jemaah sudah menggunakan masker sebagaimana tertulis di pintu masjid,” ujarnya.

Tak hanya itu, bahkan jemaah shalat gerhana yang akan memasuki masjid juga sudah mencuci tangan dengan sabun yang sudah disiapkan.

Sementara pada pelaksanaaan shalat gerhana tersebut dipimpin oleh imam Fuadi Nawawi Kasubag TU Kantor Kemenag Kabupaten Solok. Sedangkan Khatib Jhoni Nasri dari Padang Panjang. Shalat gerhana digelar selepas melaksanakan shalat Zuhur dengan mengatur jarak saat ibadah.

Terkait itu, kepala kantor Kemenag Kabupaten Solok Drs. H. Alizar MA menyampaikan apresiasinya, kepada Bupati Solok yang ikut melaksanakan shalat gerhana matahari. Diakui Kemenag, shalat gerhana matahari ini sengaja tidak disebar luaskan kepada masyarakat, demi membatasi jumlah jama’ah yang hadir. Sedangkan gerhana matahari dapat dilihat di Sumbar pada pukul 14.03 Wib.

BACA JUGA:  Sikapi Paus Terdampar di Pessel, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan Sosialisasi kepada Nelayan

“Kita melaksanakan shalat gerhana dengan tetap melaksanakan anjuran pemerintah, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan dan melakukan pembatasan sosial,” jelas Alizar.

 

Reporter: WEZI RISMANTO

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...