Beranda Internasional Bungkam Sevilla 3-0, Barcelona Amankan Tiket Final Copa del Rey

Bungkam Sevilla 3-0, Barcelona Amankan Tiket Final Copa del Rey

Barcelona

Beritanda1—Tim raksasa Catalan Barcelona berhasil lolos ke final Copa del Rey, usai membungkam Sevilla 3-0 pada semifinal leg kedua di Camp Nou, Kamis (4 Maret 2021) dini hari WIB.

Blaugrana unggul dengan agregat 3-0. Kemenangan 2-0 Sevilla pada leg pertama buyar, setelah pada leg kedua ini tim besutan Ronald Koeman tersebut menang telak 3-0.

Gol pertama Barcelona dicetak pemain asal Prancis Ousmane Dembele pada menit ke-12, setelah meliuk-liuk di kotak penalti, hingga melesakkan tendangan ke gawang Sevilla.

Tim tuan rumah terus menekan pertahanan Sevilla untuk menambah keunggulan. Namun hingga babak pertama usai, skor 1-0 tidak berubah.

Pada babak kedua, Barcelona tidak mengendurkan serangannya. Jordi Alba nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-67, namun bola tendangan saltonya masih membentur tiang gawang.

Sevilla mendapat peluang emas menyamakan kedudukan dari titik putih. Pemain pengganti Lucas Ocampos dilanggar Oscar Mingueza dikotak terlarang. Namun sayang, Ocampos yang menjadi eksekutor Sevilla gagal menjalankan tugasnya dengan sempurna karena tendangannya berhasil ditangkap kiper Barcelona Ter Stegen.

Sevilla akhirnya bermain dengan sepuluh pemain di pengujung pertandingan. Fernando Reges mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Trincao.

Barcelona berhasil menggandakan keunggulan melalui gol Gerard Pique pada injury time babak kedua. Memanfaatkan umpan Antoine Griezmann, tandukan bek anyar barca ini di kotak penalti berhasil membobol gawang lawan.  Skor 2-0 bertahan hingga wasit meniup pluit akhir paruh kedua. Laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Barcelona mencetak gol ketiganya di menit kelima babak tambahan. Martin Braithwaite terbang menyundul bola crossing Jordi Alba di kotak penalti yang menggetarkan gawang Sevilla.

Sevilla kembali kehilangan satu orang pemainnya, setelah Luuk De jong diusir wasit  pada menit ke 103, karena melontarkan makian verbal kepada wasit.  Paruh pertama babak tambahan ditutup dengan keunggulan 3-0 Barcelona atas Sevilla.

BACA JUGA:  Latihan Hari Pertama Timnas U-19, Shin Tae-yong  Sorot Kualitas Lapangan

Memasuki paruh kedua extra time, Sevilla bermain lebih keras hingga menyebabkan beberapa penggawa Barcelona seperti Pique mendapat perawatan.Tidak ada gol tambahan tercipta hingga paruh kedua babak tambahan berakhir. Kemenangan 3-0 tersebut memastikan satu tiket untuk Barca ke final Copa del Rey.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman menyatakan bahwa kemenangan tersebut merupakan bukti mental juara yang dimiliki oleh timnya.

Barca memang membutuhkan kemenangan minimal dengan marjin tiga gol untuk lolos ke babak final. Pasalnya mereka kalah 0-2 pada pertemuan pertama di markas Sevilla.

“Kami selalu memiliki keyakinan. Kami tak pernah menyerah di Copa del Rey. Itu adalah pertanyaan soal mental,” kata Koeman usai pertandingan.

“Sebagai pelatih, saya tak bisa meminta tim saya untuk berbuat lebih dari yang saya lihat malam ini. Kami berjuang hingga babak tambahan dan ini luar biasa. Saya sangat bahagia dengan kerja tim malam ini.”ucapnya.

Selain laga Barcelona vs Sevilla, semifinal Copa del Rey juga mempertemukan Levante vs Athletic Bilbao. Laga ini akan digelar pada Jumat dinihari 5 Maret 2021 dengan laga pertama berakhir 1-1.

Redaksi