Beranda Uncategorized Buka Jalan Usaha Tani di Tanjung Balik, Wali Nagari Hanya Sediakan Beli...

Buka Jalan Usaha Tani di Tanjung Balik, Wali Nagari Hanya Sediakan Beli Minyak Ekskavator

Tanjung
Bupati Solok H. Epyardi Asda dampingi warga nagari Tanjung Balik membuka jalan usaha tani dengan ekskavator

Beritanda1– Setelah nagari Talang, nagari Tanjung Balik, kecamatan X Koto Diatas juga tak sabaran ingin memakai alat berat Eskavator pasca di launching bupati Solok di Singkarak.

Dengan mengarahkan membuka jalan usaha tani di jorong Pasa Ilia, Tanjung Balik,  raungan alat berat terdengar  merambah dan membuka jalan baru,  Jum’at (22/10/2021).

Animo masyarakat begitu tinggi menyaksikan  alat berat warna kuning pekat itu mulai bekerja. Sama dengan di nagari Talang, Warga  nagari Tanjung Balik juga berduyun duyun menyaksikan eskavator  yang menjadi dambaan para petani di kawasan itu.

Sebelum bergerak membuka jalan,  Bupati Solok H. Epyardi Asda kembali hadir dan mengajak masyarakat menggunakan eskavator secara maksimal  dengan melakukan kekompakan dengan azas gotoroyong.

Bupati berharap, dengan adanya alat berat bisa bermanfaat untuk membantu meringankan beban masyarakat sekitar.

” Saya melihat tanah disini sangat  subur untuk lahan pertanian. Untuk itu, pemerintah daerah akan membina petani guna  mendapatkan hasil yang lebih baik,” ujarnya

Bupati
Bupati Solok Epyardi Asda didampingi anaknya yang anggota DPR RI, Athari Gauti Ardi memberi arahan tentang penggunaan ekskavator

Disebutkan Epyardi, penggunaan eskavator adalah untuk membuka jalan usaha tani dengan cara gotong royong. Semua biaya yang ditimbulkan akibat pembukaan  jalan,  termasuk operator dan biaya pemeliharaanya adalah tanggung jawab Pemkab. Solok.

” Wali Nagari hanya menyediakan minyak,” tegasnya.

Bupati Solok memastikan,  jalan yang sudah selesai dibuka dengan eskavator, nanti akan dicor. Setelah itu, Wali Nagari diminta  untuk mendata masyarakat yang mempunyai lahan, kemudian pemilik lahan diminta menggali lobang.

” Pemda  nanti akan memberikan bibit gratis sesuai apa yang cocok ditanam di Nagari tersebut. Kita nanti juga  akan usahakan air dan listrik masuk ke ladang – ladang masyarakat,” paparnya.

Terkait pontensi kawasan Tanjung Balik, Bupati Solok melihat tanahnya cocok untuk ditanami manggis dan durian.

BACA JUGA:  Terkait Eks Kantor Bupati Limapuluh Kota di Payakumbuh, Ini Solusi Ditawarkan Riza Falepi

” Silahkan pak Wali mendata Kelompok Tani, nanti kita akan berikan bibitnya melalui Dinas Pertanian,” saran Epyardi Asda.

Bahkan bagi masyarakat yang mempunyai lahan dan sudah membentuk Gapoktan, diminta  berkoordinasi  dengan dinas Pertanian untuk mendapatkan bibit gratis.

Ikut melakukan gotoroyong bersama Bupati Solok di Tanjung Balik, Anggota DPR RI Athari Gauti Ardi, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Drs.Syahrial, Camat X Koto Diatas Riswandi Bahauddin, Kadis DPRKPP Evia Vivi Fortuna, Sekretaris Pertanian Miharta Maria, Sekretaris DPMN Ricky Carnova, Wali Nagari Tanjung Balik Irfan Fiktono, Wali Nagari dan Forkopimcam X Koto Diatas.

jalan
Alat berat ekskavator mulai mengerjakan membuka jalan usaha tani di jorong Pasa Ilia nagari tanjung Balik

Menyambut itu, Wali Nagari Tanjung Balik Irfan Fiktono menyampaikan terimakasih kepada Bupati Solok karena  mendapat kesempatan  pengoperasian eskavator  untuk membuka jalan usaha tani di jorong Pasa Ilia.

” Pembukaan jalan usaha tani ini adalah  harapan dan cita-cita kami dari dahulu. Alhamdulillah, dimasa kepemimpinan bapak bupati sekarang sudah dapat terwujud,” kata Irfan Fiktono.

Disebutkan, nagari Pasa Ilia mengharapkan program dari Ibuk Athari Gauti Ardi khususnya program bedah rumah untuk masyarakat Nagari Tanjung balik.

“Kami akan bangkitkan perekonomian masyarakat dengan bantuan ekskavator dan bibit yang diberikan pemerintah daerah ” kata Irfan Fiktono.

Pada Kesempatan,  anggota DPR-RI Athari Gauti Ardi yang juga ikut melepas eskavator bekerja, menyebutkan sinergitas antara DPR RI dengan Pemerintah daerah, khususnya di Kabupaten Solok sudah berjalan dengan baik, karena memang  tujuan kita sama-sama ingin membangun Kabupaten Solok menjadi Kabupaten terbaik di Sumatera Barat.

“Mohon dukungan dan doa dari masyarakat Kabupaten Solok agar kami bisa terus bersinergi memberikan pembangunan yang merata kepada masyarakat di Kabupaten Solok,” sebut Athari (Ismardi)

 

BACA JUGA:  Masuki Masa Pensiun, ASN Harus Siapkan Psikologi
Artikel sebelumyaPeduli Masyarakat Terdampak Covid-19, Lapas Alahan Panjang Bagikan Sembako dan Vaksinasi Massal
Artikel berikutnyaGerai Vaksinasi Polres Dharmasraya di Serbu Ratusan Masyarakat