Buka Germas di Nagari Muaro Sopan, Bupati  Sutan Riska:  Kalau Mau Sehat, Lingkungan Harus Bersih

9
Pembukaan Germas Dharmasraya dilakukan dengan pemukulan gong oleh bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan

DHARMASRAYA – Pemerintah kabupaten Dharmasraya membka Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dikosentrasikan di Nagari Muaro Sopan, Kecamatan Padang Laweh.

Pembukaan Germas yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dihadiri Kadis Kesehatan dr. Rahmadian, Kadis PUPR Junaedi Yunus, KadinsosP3APPKB Bobby Perdana Riza, Kepala Loka POM Dharmasraya Asriamto dan Camat Padang Laweh Yuherdi.

Bertindak sebagai ketua panitia Gernas saat itu dipercayakan kepada Wali Nagari Sopan Jaya,  Ari Armanto, diawal kegiatan ditandai dengan deklarasi “stop buang air besar sembarangan.

Dalam laporannya, Wali Nagari  menyampaikan masih banyak warga melakukan buang air besar sembarangan. Oleh karena itu, sejak dibacakannya deklarasi diharapkan masyarakat tidak lagi melakukan buang hajat sembarangan.

Sementara itu, Bupati Sutan Riska mendukung upaya tersebut. “Kalau mau sehat, lingkungan harus bersih,” katanya diawal sambutan

Ia juga mencanangkan gerakan anti plastik. Sehingga kedepan kita, lebih mengutamakan membungkus makanan, dengan daun. Karena lebih terjamin kesterilannya, pungkas Sutan Riska.

Kegiatan Germas kali ini,  dimeriahkan dengan bazar kuliner,  diselenggarakan oleh kader PKK dan Kader Posyandu. Dengan  menyajikan aneka panganan lokal. Ada juga bazar bahan pangan digelar Dinss Pertanian dengan menyediakan beras, telur dan minyak goreng.

Sedangkan Dinss Kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan grstis, bahkan menurunkan dokter spesialis dari RSUD Sungai Dareh.

Layanan penunjang juga dihadirkan, seperti layanan bayar pajak oleh Samsat, layanan donor darah oleh PMI, Layanan KTP elektronik dari Disdukcapil dan banyak layanan penunjang dibuka oleh instansi terkait. Yang pasti, Bupati Sutan Riska mengajak semua lapisan masyarakat agar terus mengedepankan pola hidup sehat.

BACA JUGA:  Waduh, Buaya Muncul di Lokasi Wisata Pantai Carocok Painan

Reporter : S Hanif

Editor      : Melatisan

 

 

Loading...
loading...