Bertambah Rp. 18.491 Miliyar, APBD-P Pessel 2019 Ditetapkan

26
Bupati Hendrajoni (tengah) salam komando dengan wakil ketua DPRD Aprial Habas usai penandatanganan persetujuan APBD-P menjadi Perda.

PAINAN –Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten Peisir Selatan bertambah sebesar Rp 18.491 miliar. Penambahan itu ditetapkan melalui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Pesisir Selatan, tahun 2019 menjadi Peraturan Daerah (Perda). Perubahan APBD Pessel yang ditetapkan itu bertambah dari sebelumnya Rp1.836 triliun menjadi Rp1.855 triliun.

Diketahui pendapatan sebelum perubahan adalah Rp 1.750 triliun setelah perubahan Rp 1.753 triliun dengan begitu bertambah Rp 3.032 miliar. Belanja sebelum perubahan tercatat Rp 1.813 triliun setelah perubahan menjadi Rp 1.841 triliun bertambah Rp 27.323 miliar dan memgalami devisit Rp 87.951 miliar.

Sedangkan penerimaan pembiayaan sebelum perubahan Rp 86.561 miliar setelah perubahan menjadi Rp 102.091 miliar dengan begitu bertambah sebesar Rp 15.458 miliar. Selanjutnya pengeluaran sebelum perubahan adalah sebesar Rp 22.900 miliar setelah perubahan Rp 14.067 miliar sehingga berkurang menjadi Rp 8.832 miliar.

Sementara pembiayaan netto sebelum perubahan Rp 63.661 miliar setelah perubahan menjadi Rp 87.951 miliar dan bertambah menjadi Rp 24.290 miliar.

Rapat Paripurna Penetapan Peraturan Daerah (Perda) tentang APBD perubahan 2019, ditandai dengan persetujuan bersama antara pemerintah daerah dengan DPRD setempat. Sidang saat itu dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Pessel Aprial Habas, Senin (12/8).

Rapat itu, diawali dengan penyampaian pendapat akhir fraksi oleh masing-masing anggota DPRD Pessel. Dalam penyampaian pendapat, masing-masing juru bicara fraksi menyatakan setuju menerima Ranperda APBD-P menjadi Perda tahun 2019.

Terkait itu, Wakil Ketua I DPRD Pessel, Aprial Habas berharap, pengajuan APBD-P 2019 tidak banyak mendapat koreksi atau evaluasi ketika diajukan ke tingkat provinsi. Sehingga, dapat segera dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan aturan hukum yang telah ditetapkan sebagai peraturan daerah (Perda).

BACA JUGA:  Tangkap 43 Kg Ganja Kering, Polres Pasaman Gagalkan Aliran  Narkoba  Dari Sumut

” Kedepan hendaknya pihak eksekutif dapat segera merealisasikan anggaran yang telah ditetapkan dalam perubahan tersebut. Semua harus tepat sasaran. Tidak ada alasan untuk tidak direalisasikan, sehingga anggaran terserap dengan maksimal untuk kepentingan masyarakat Pesisir Selatan,” katanya sambil mengetuk palu pengesahan Ranperda APBD-P menjadi Perda tahun 2019.

Sementara itu Bupati Hendrajoni dalam sambutannya memgucapkan terimakasih dan apresiasi pada seluruh pihak yang terlibat dalam pembahasan anggaran, khususnya Tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Angaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Kami ucapkan terimakasih banyak kepada seluruh pihak. Saran dan masukan dari seluruh fraksi bakal kami jadikan pertimbangan untuk penyempurnaan dalam mengelola keuangan yang akuntabel dan mengutamakan asas transparan untuk kepentingan masyarakat Pessel,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Hendrajoni mengintruksikan bagian TAPD agar segera melaksanakan finalisasi terhadap APBD-P agar segera direalisasikan. “Saya perintahkan seluruh kepala dinas agar dapat berlari kencang mengingat waktu pelaksanaan kegiatan pada APBD-P sangat singkat. Segera persiapkan segala dokumennya dan laksanakan kegiatan secepatnya,” ucap bupati mengingatkan.

Reporter: OKIS ROCKIN

Editor: MALIN MARAJO

 

Loading...
loading...