Bertambah 1, Pasien Positif Covid-19 di Dharmasraya jadi 2 Orang

1470
Covid-19
Tenaga medis menangani pasien positif terpapar Covid-19 atau Virus Corona/ ilustrasi

Beritanda1 –Seorang lagi warga Kabupaten Dharmasraya dinyatakan positif terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dengan demikian, jumlah warga bumi mekar tersebut yang terpapar Covid-19 menjadi 2 orang.

Kadiskes Dharmasraya, yang juga Juru Bicara penanganan  Covid-19 dr. Rahmadian mengungkapkan, kepastian itu didapat, menyusul keluarnya hasil Swab Tes, dikeluarkan oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) Padang terhadap Tuan J, dan Tuan R, warga Nagari Koto Laweh, Kecamatan Koto Besar.

“Benar, warga Dharmasraya positif Covid-19 sudah menjadi Dua orang. Sebelumnya  Tuan J, telah dinyatakan positif Covid-19, dan sekarang Tuan R juga dinyatakan positif,” sebut dr Rahmadian, melalui telepon selulernya Minggu (19/4/20).

Ia menyebutkan, serupa dengan tuan J, tuan R, dinyatakan positif berdasarkan rapid test. Makanya dilakukan pemeriksaan dengan melakukan Swab Tes melalui Laboratorium FK Unand Padang dan hasilnya juga positif Covid-19.

Ia juga menambahkan, pihak pemerintah telah melakukan upaya tindakan isolasi untuk Tuan R di Covid-19 Center Sialang. Namun dikarenakan keluarga menginginkan isolasi mandiri di rumah, makanya tim mengabulkan permintaan keluarga, namun dalam pantauan ketat dari Tim medis.

” Hasil koordinasi pihak pemerintah nagari dengan masyarakat Koto Laweh, mereka menerina apabila dilakukan karantina mandiri di rumah, sepanjang ada tim kesehatan mengawasi,” kata dr Rahmadian.

Hal ini dilakukan pemerintah dan Gugus Tugas telah sesuai dengan Protap Kementerian Kesehatan RI, bahwasanya pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau secara umum kondisi kesehatan pasien baik, dapat dilakukan isolasi secara mandiri di rumah. “Sepanjang memiliki fasilitas dinilai representatif oleh pihak medis,” pungkasnya.

Reporter: S Hanif

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

BACA JUGA:  Keren, Tari Anak Balam Nan Melegenda Akan Meriahkan Finish Etape VIII TdS 2019
loading...