Berikan Kuliah Umum, Hendrajoni Motivasi Mahasiswa Fokus Kejar Cita-Cita

Bupati Hendrajoni saat memberikan kuliah umum di Auditorium STAI Balaiselasa, Minggu (20/10).

PAINAN–Mahasiswa sebagai generasi muda diharapkan cerdas dan fokus untuk meraih kesuksesan di masa depan. Karena setiap keinginan sejatinya harus sejalan dengan kerja keras dalam mewujudkannya. Hal itu disampaikan Bupati Pessel Hendrajoni saat memberikan kuliah umum di Auditorium Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Islam Pesisir Selatan (YPPTIPS) Balaiselasa, Kecamatan Ranah Pesisir, Minggu (20/10).

“Jika sekadar mimpi saja, itu belum cukup. Keinginan itu harus dibarengi dengan kerja keras dan fokus memperjuangkannya. Sebab, yang bisa memajukan diri kita sendiri adalah kita sendiri, bukan orang lain,” ujar Bupati Hendrajoni.

Kegiatan itu, turut dihadiri Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau Prof Dr. Akmal Mujahidin, S.Ag, M.Ag, Ketua STAI YPPTIPS Lukman Hakim, Ketua Yayasan Afrizal, Camat Ranah Pesisir Zul Arsil, Kabag Humas dan Protokoler Setda Pesisir Selatan Rinaldi dan sejumlah mahasiswa.

Selain memberikan motivasi kepada mahasiswa, Bupati Hendrajoni juga memaparkan sejumlah keberhasilan pembangunan di Pesisir Selatan, dalam kurun empat tahun terakhir. “Insya Allah selama lebih kurang 4 tahun masa kepemimpinan saya banyak yang sudah berubah. Bagi saya yang biasa itu belum tentu benar, jika benar maka lanjutkan,” ucapnya.

Ia menuturkan, prestasi yang diraih antara lain adalah terkait persoalan pendidikan di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu yang semula menempati posisi buncit di Sumatera Barat, namun pada 2017 melejit menjadi nomor 5 di Sumbar.

Kemudian lanjut dia, pada bidang pelayanan publik, sebelumnya pelayanan admimistrasi kependudukan terpusat di kota Painan saja, hal itu sangat menyulitkan bagi masyarakat yang berdomisili pada ujung daerah bagian selatan. Sehingga pada akhirnya pelayanan tersebut dirubah dengan cara jemput bola serta menjadikan kecamatan sebagai pusat pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA:  Pastikan pembangunan sesuai harapan, Bupati Hendrajoni Tinjau Pembangunan Gedung Baru RSUD M.Zein

“Jadi, sekarang pengurusan administrasi kependudukan tidak perlu lagi datang ke Painan, cukup sampai di unit kerja lapangan yang ada di masing-masing kecamatan,” katanya.

Selain itu, pada bidang infrastruktur juga mengalami kemajuan yang luar biasa, seperti pembangunan jalan di kawasan Mandeh, pembangunan jalan nasional mulai dari Kecamatan Koto XI Tarusan hingga Lunang. “Sekarang jalan sudah mulus, sebelumnya waktu tempuh Painan ke Tapan sampai empat jam, kini cukup dua setengah jam saja,” tuturnya.

Kemajuan yang sama juga terjadi pada pembangunan Rumah Layak Huni (RTLH), sebelumnya 6.387 unit rumah tidak layak huni yang ada di Pessel, sekarang sebanyak 3.546 unit sudah berhasil direhab menjadi rumah layak huni.  “Kami juga membangun rumah nelayan kurang mampu sebanyak 305 unit,” ujarnya.

Bupati Hendrajoni juga menyampaikan keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan, terutama peningkatan status Puskemas rawat jalan menjadi puskesmas rawat inap. Sebelumnya, dari 20 unit Puskesmas yang tersebar di Pessel, saat ini sudah 13 menjadi Puskesmas rawat inap, sementara sisanya ditargetkan tuntas pada 2021.

“Hal ini menjadi salah satu upaya kita dalam mengurangi angka kemiskinan, karena Pesisir Selatan masih urutan ke-4 di Sumatera Barat,” ujar dia.

Selanjutnya ia juga menjelaskan Pesisir Selatan merupakan salah satu kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar di Sumatera Barat. Dengan melibatkan seluruh pihak terkait Pemkab Pessel berhasil menekan angka terendah hingga menjadi 7,59% tahun 2018, yang sebelumnya 8,64 % di tahun 2015.

“Kami juga mengajak adik adik mahasiswa untuk berpartisipasi dan bertukar pikiran dalam pembangunan di Pesisir Selatan, silahkan kritis tapi sifatnya membangun dengan cara mencarikan solusi,” kata Bupati.

Reporter: OKIS ROCKIN

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...