Bergerak di Tengah Populasi Warga, Jumlah Positif Covid-19 Sumbar bertambah 32 Orang, Ini Sebarannya

672
Covid-19 Sumbar
Covid-19 Sumbar

Beritanda1 –Jumlah warga Sumatera Barat (Sumbar) yang terkonfirmasi positif terpapar Corona Virus (Covid-19) terus melonjak signifikan. Hingga pukul 09.30 wib, Kamis (14/05) telah terjadi penambahan sebanyak 32 orang. Sehingga totalnya sudah mencapai 371 pasien positif, termasuk yang sudah sembuh dan yang meninggal dunia.

 

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar Jasman Rizal mengatakan, penambahan tersebut terjadi di Kota Padang sebanyak 27 orang, Kabupaten 50 Kota sebanyak 2 orang, Kabupaten Padang Pariaman 1 orang, Kabupaten kepulauan Mentawai 1 orang dan Kota Payakumbuh 1 orang.

“Ada penambahan pasien positif Cobid-19 per pukul 09.30 Wib sebanyak 32 pasien. Sehingga sampai jam ini pasien positif Covid-19 totalnya 371 pasien, untuk rincian detilnya nanti seperti biasa pada pukul 15.00 Wib press realise resmi kami sampaikan,”ujar Jasman, Kamis (14/05) di berbagai whatsapp group.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand DR dr Andani mengatakan pertumbuhan pasien positif Covid-19 Sumbar ini bergerak kencang di tengah populasi warga, tidak lagi imported case.

”Hasil penambahan pasien positif di Sumbar menunjukan penyebaran atau penularan virus ada di populasi masyarakat,”ujar Andani di whatsapp group ‘kawal covid-19 Sumbar.

Tingginya pasien positif di Sumbar hingga Kamis ini, kata dr Andani itu artinya pemutusan rantai telah berjalan sesuai alurnya. ”Yaitu ditandai dengan banyaknya ODP dan OTG positif berdasarkan teacing dan tracking yang dilakukan Gugus Tugas Daerah Pernanganan Percepatan Covid-19,”ujarnya.

BACA JUGA:  Kapolres Dharmasraya Imran Amir Ikuti Berbagai Lomba Meriahkan HKGB dan HUT Polwan

Meski penanganan  sudah on the track tetap saja dr Andani menyampaikan rekomendasi yaitu perlu dukungan optimalisasi pemeriksaan labor untuk target 1500 sampel per hari.

“Dan tetap perlu pemeriksaan habis-habisan cluster Pasar Raya Padang dengan semua rantainya, asumsi saya 2000-3000 sample di cluster itu,”ujarnya.

Reporter: Rudi Cader

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...