Petugas Kebersihan, Amril Zein Kerap Disuguhi Makanan Buatan Kapolres Solsel

Amril Zein (71) Petugas kebersihan dirumah dinas Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto saat menikmati masakan special dari Kapolres. (Foto: Ist)
Amril Zein (71) Petugas kebersihan dirumah dinas Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto saat menikmati masakan special dari Kapolres. (Foto: Ist)

SOLOK SELATANBekerja sebagai petugas kebersihan tidak selalu membosankan. Setidaknya rasa itu dialami  Amril Zein (71). Lelaki tua yang sehari-hari bertugas membersihkan rumah dinas Kapolres Solok Selatan (Solsel), tak jarang-jarang mendapatkan suguhan masakan spesial buatan AKBP Imam Yulisdianto sendiri.

Orang nomor satu di Mako Polres setempat, justru dengan sangat bersahaja mendatangi Amril Zein seraya menyodorkan makanan hasil olahannya sendiri..

Satu hal yang tidak disangka,  Kapolres yang terkenal disiplin dan tegas itu rupanya hobi memasak.

Menurut petugas kebersihan itu, biasanya, jika ada yang nyebut nama Kapolres, maka yang teringat bagi saya adalah kesan ‘pemarah’ dan tegas. Itu  hal biasa. Sesuatu yang berdasar dan demi kebaikan, tentu saja.

“Tetapi pak Kapolres suka buatkan saya masakan. Sudah lima belas tahun saya bekerja disini, baru dimasa beliau kerap mendapatkan hidangan masakan dari Kapolres,” kata Amril Zein, Rabu (11/3/2020).

Amril Zein, mengaku sebelumnya bertugas membersihkan Mako Polres Solsel secara menyeluruh. Namun karenakan perintah Kapolres, saat ini dirinya hanya membersihkan rumah dinas. “Pak Kapolres hobinya memasak. Terkadang memasak sayur asem, roti lapis daging dan masakan spesial lainnya. Biasanya saat sore atau pagi hari, beliau panggil saya untuk mencicipi masakan buatannya tersebut. Kadang juga dibawa pulang untuk keluarga dirumah,” ujar Kakek yang memiliki empat anak itu.

Diakui,  saat pertama dihidangkan masakan bikinan Kapolres, dirinya merasa sungkan dan canggung. Namun, karena melihat ketulusan Kapolres, sehingga ia membiasakan diri untuk mencicipi.

“Sungkan awalnya, harusnya kan saya yang melayani. Tapi karena beliau tulus, makanya terbiasa hingga sekarang,” katanya.

Selain tegas, imbuhnya, Kapolres AKBP Imam Yulisdianto, diakuinya kerap memberikan nasehat Islami terhadapnya. “Harusnya kan saya yang memberikan nasehat agama, karena lebih tua dari beliau,” ucapnya sembari tersenyum.

BACA JUGA:  Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma Bagikan Paket Sembako Untuk Warga Lingkungan Terminal Piliang

Dituturkan, masjid Mako Polres juga selalu ramai ketika waktu Salat datang, dibandingkan masa-masa lalu.

Terpisah, Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto ketika ditanya terkait hobinya memasak dan menghidangkan untuk Amril Zein, tidak bisa mengelak. “Memasak?..Hobi banget,” ujar Imam.

Menurutnya, memasak adalah suatu seni meramu bumbu dan rasa, sehingga bisa dinikmati. “Begitupun dalam melaksanakan amanah harus ngerti perpaduan dalam meramu. Supaya masyarakat bisa aman, tentram dan nyaman,” ujarnya.

Dalam meramu, imbuhnya, juga diperlukan ke-hati-hatian supaya masakan itu tidak ‘mematikan’. “Sama dengan menjalankan amanah dan tanggungjawab,” katanya.

Masakan spesial yang sering dimasak untuk Amril Zein adalah perpaduan, daging ayam dan sayuran yang pasti jadi istimewa.

“Seperti itu juga saya mengistimewakan masyarakat Solsel. Gaek (Amril Zein) itu sudah saya anggap teman. Jadi enjoy,” tutupnya.

Reporter: Jefli Bridge

Editor   : Melatisan

Facebook Comments

loading...