Bawaslu Pessel: Selain Wali Nagari, Kepala Kampung juga Dilarang Berpolitik Praktis

Bawaslu Pessel
Kordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Pessel, Ariski Elfandi.

Beritanda1 –Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Pesisir Selatan menegaskan, selain Wali Nagari (Desa), Kepala Kampung atau sebutan lainnya perangkat nagari dilarang terlibat dalam politik praktis, seperti mendukung Pasangan Calon (Paslon) pada Pilkada 2020, terutama pada masa-masa kampanye ini.

 

Kordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Pessel, Ariski Elfandi mengatakan, selain wali nagari, kepala kampung juga harus memahami betul tentang larangan tahapan Pilkada 2020 dan neteralitasnya sebagai perangkat nagari atau desa.

“Sebab, kepala kampung merupakan pelaksana wilayah dari perangkat nagari. Hal itu sesuai amanah Undang-undang nomor 10 tahun 2016, dan mereka ini termasuk pihak yang dilarang dalam aturan tersebut,” ujarnya pada wartawan di Painan, Minggu (27/9).

Menurutnya, pelarangan keterlibatan wali nagari termasuk kepala kampung sebagai perangkat desa, berlaku sama dengan netralitas ASN.

Diketahui, keterlibatan ASN dalam metode kampanye atau mendukung Paslon, tidak hanya dilarang ikut serta dalam kegiatan tertentu. Namun, juga dilarang melakukan sosialisasi dengan komen, like, atau ikut menshare sejumlah kegiatan di media sosial.

“Aturan ini berlaku pada siapapun, termasuk kepala kampung dan pihak yang dialrang lainnya. Kalau prosedur itu dilanggar, maka Bawaslu bakal menindak tegas,” katanya.

Ia menyebutkan, agar terciptanya Pilkada yang aman dan damai di Pessel, maka pihaknya berharap agar seluruh himbauan tersebut benar-benar dipahami sebagaimana yang telah disosialisasikan selama ini.

“Tanpa kesadaran bersama, maka hal ini bakal sulit untuk diterapkan. Jadi, kami berharap juga sumbangsih teman-teman media bisa membatu menyosialisasikan pada masyarakat,” tuturnya.

Reporter: Okis Rockin

Facebook Comments

BACA JUGA:  Warga Bima Nyasar ke Lubuk Selasih Solok Dicurigai Covid-19, Gugus Tugas Dinilai Lamban
loading...