Bawaslu Ingatkan ASN di Pesisir Selatan Jaga Netralitas Pada Pilkada 2020

160
Bawaslu
Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison.

Beritanda1 – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Erman Wadison, mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah setempat, agar selalu menjaga netralitas selama masa Pilkada serentak 2020 berlangsung.

 

Hal itu ditegaskannya menyusul dilanjutkannya tahapan pengawasan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Pesisir Selatan setelah beberapa bulan sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19.

“Sebagai negara demokrasi, ASN tetap memiliki hak pilih dalam Pilkada serentak tahun ini. Namun, tidak punya hak untuk dipilih, kecuali yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai ASN,” katanya pada wartawan di Painan, Selasa 23 Juni 2020.

Menurutnya, sesuai aturan Undang-undang Nomor 4 tahun 2014 tentang netralitas ASN, ada sanksi berat, sedang, dan ringan, jika mereka tidak menjaga netralitasnya selama tahapan Pilkada berlangsung.

“Ya, karena ASN harus menjadi pelayan publik yang baik, artinya mereka harus siap melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Hal ini dipertegas dengan aturan yang berlaku,” ucapnya.

Ia menuturkan, Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, siap menerima pengaduan masyarakat jika ada indikasi atau temuan ASN yang menyalahi aturan terkait pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

“Jika ada temuan silahkan laporkan ke pihak kami. Bawaslu siap menerima pengaduan 1×24 jam,” ujarnya.

Reporter: Okis Rockin

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

BACA JUGA:  Komitmen Berantas Ilegal Logging, Polres Pessel Amankan Puluhan Batang Kayu Tak Bertuan
loading...