Batik Tanah Liek Dharmasraya Curi Perhatian Pengunjung Pameran Otonomi Expo

Bupati Dharmasraya Sutan Riska tengah memperkenalkan batik tanah liek kepada Menkopolhukam Wiranto pada pamaeran otonomi expo di Jakarta. (foto: istimewa)

DHARMASRAYA – Produk UKM  daerah Kabupaten Dharmasraya ambil bagian pada ajang pameran akbar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan yang digelar Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Pameran Otonomi Expo ini dibuka langsung  Menkopolhukam Jend TNI Purn. Wiranto Rabu (3/7).

Usai membuka pameran, Menkopolhukam langsung mengunjungi sejumlah stand. Diiringi puluhan wartawan media cetak dan elektronik dalam dan luar negeri, mantan panglima ABRI itu menyempatkan diri untuk mampir ke stand Kabupaten Dharmasraya. Dia disambut Bupati Sutan Riska dan raja raja  Dharmasraya.

Ribuan orang pengunjung  ikut memadati arena pameran. Momentum ini sekaligus menjadi wahana  memperkenalkan produk UKM daerah sekaligus ajang memperkenalkan potensi dan investasi dari berbagai bidang yang mendapat sambutan di pasar Nusantara.

Diikuti sedikitnya 400 peserta dari kabupaten se-Indonesia, termasuk stand UKM serta stand organisasi besar di Indonesia,  Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mampu menampilkan produk daerah mekar itu  menjadi salah satu peserta penghuni stand di iven bergengsi itu.

Adapun  produk UKM yang diperkenalkan oleh Kabupaten Dharmasraya meliputi produk pangan olahan, seperti tingi-ting jahe, pisang salai, stik lele, keripik tempe, kacang atom, randang paku, serta masakan tradisional lainnya, termasuk produksi batik tanah liek. Tidak ketinggalan berbagai potensi pertanian, pertambangan, pariwisata dan kebudayaan local, juga ditampilkan.

Pada pembukaan pameran tersebut, hadir Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama empat raja Dharmasraya, masing masing Rajo Siguntur Sutan Hendri Tuanku Bagindo Ratu, Rajo Pulau Punjung Abdul Haris Tuanku Sati, dan Rajo Padang Laweh Sutan Alif, Tuanku Bagindo Sutan Muhammad. Keempatnya tampak menerima tamu pengunjung stand saat pembukaan. “Baru kali ini stand kita dihadiri empat raja di Dharmasraya. Mereka merepresentasikan bahwa budaya lokal Dharmasraya masih dipegang erat olah warganya, Meski saat ini telah hadir etnis etnis nusantara yang hidup rukun berdampingan,” ciloteh Martin Yunus, Kabag Administrasi Pembangunan, didampingi Budi Waluyo, Kabag Humas.

BACA JUGA:  Lagi, Baznas Sijunjung Salurkan Bantuan Usaha Produktif Bagi 10 Mustahiq

Ia menambahkan, para pengunjung stand Dharmasraya berdecak kagum setelah berdialog dengan Bupati bersama para raja. Bahkan Menkopolhukam Jend Purn Wiranto menjadi salah seorang pengujung yang  berdecak kagum terhadap produk Batik Tanah Liek Dharmasraya.

Reporter   : S. Hanif

Editor      : Melatisan

Facebook Comments

loading...