Batik Sisiak Ikan Equator Karya Siswa Pelatihan BLK Lubuak Sikaping Membuat Bangga Pemkab Pasaman

PASAMAN – Batik Sisiak Ikan Equator yang merupakan hasil karya siswa pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuksikaping, menumbuhkan kebanggaan bagi pemerintah Kabupaten Pasaman. Kebanggaan itu diucapkan Sekda Pasaman Drs Maraondak, yang mengaku takjub karena sudah dikemas dalam bentuk kemeja batik.

Maraondak memastikan telah mencoba memakai langsung baju karya siswa BLK tersebut untuk bekerja. “Saya pakai langsung usai acara senam, sesuai dengan pakaian dinas hari kamis. Saya pakai baju batik motif sisiak ikan hasil karya siswa BLK Lubuksikaping ini” ujar Maraondak, Kamis (12/9), di komplek kantor Bupati Pasaman.

Menurutnya, hasil karya siswa pelatihan ini sangat mengagumkan, membanggakan dan bisa dijadikan prospek masa depan karya anak nagari Pasaman yang dapat dipakai semua pihak.

“Saya sangat mengapresiasi hasil karya anak-anak pelatihan BLK ini. Karena mampu menciptakan karya yang luar biasa. Sehingga nantinya, ketika lulus sudah memiliki segudang ilmu dan dapat terserap lapangan kerja,” katanya.

Batik Sisiak Ikan Equator Karya Siswa Pelatihan BLK Lubuak Sikaping Membuat Bangga Pemkab Pasaman 1 IMG 20190913 WA0002

Dikatakan, BLK Lubuksikaping sebagai lembaga pelatihan pemerintah dengan status Unit Pelaksana Teknis Daerah yang berada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman memiliki tupoksi melatih para pencari kerja dan yang putus sekolah yang ada ditengah masyarakat Pasaman.

“Salah satu elemen penting dalam inovasi pembangunan daerah adalah SDM. Di dalam SDM itu sendiri komponennya ada dari bidang pendidikan yaitu sekolah vokasi, salah satunya BLK Lubuksikaping ini,” tambahnya.

Sebagai “skill center” BLK Lubuksikaping, lanjut Maraondak, BLK sudah tidak hanya melaksanakan pelatihan semata tetapi sudah mampu bersaing dengan menghasilkan berbagai karya nyata seperti batik ini.

Maraondak berharap semoga kedepan karya batik “Sisiak ikan equator” ini dapat terus berbenah sehingga lebih baik lagi. Dan dia berharap semoga putra-putri Pasaman terus berkarya melalui inovasi untuk karya karya terbaik.

BACA JUGA:  Gaji Naik, Kesejahteraan Guru TK di Pessel Ditingkatkan

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab. Pasaman Drs. M.N Susilo didampingi Kabid Tenaga Kerja M. Yasrin Saputra dan Kepala BLK Lubuksikaping Haryadi juga berterimakasih kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Drs. Maraondak sudah bangga memakai sebuah karya siswa BLK Lubuksikaping berupa batik “Sisiak Ikan” ini.

“Penamaan Batik Sisiak Ikan ini sesuai dengan kultur dan ekonomi budaya masyarakat Pasaman, apalagi Pasaman dikenal sebagai daerah penghasil ikan,” Ujar Susilo

Susilo mengibaratkan bahwa karya batik siswa BLK ini merupakan warisan budaya dari Ranah Tuanku Imam Bonjol, hasil karya siswa pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuksikaping.

Reporter : MA
Editor     : Melatisan

Facebook Comments

loading...