Batang Lembang Kembali Meluap, Sejumlah Kawasan Pemukiman dan Sekolah di Solok Direndam Banjir

AROSUKA – Sejumlah kawasan langganan banjir di Kabupaten dan Kota Solok kembali di landa bencana luapan Batang Lembang. Akibat intensitas curah hujan tinggi sepanjang Senin (17/2) hingga tengah malam, aliran sungai terbesar di daerah itu melimpah. Tak ayal, pemukiman warga, kawasan sekolah dan fasilitas umum yang berada di bantaran sungai Batang Lembang di Kecamatan Kubung, kecamatan IX Sei Lasi dan Bukit Sundi kembali terendam banjir.

Informasi yang dihimpun, selain kawasani perumahan Wahana Permai Jorong Subarang Nagari Kotobaru Kec. Kubung terendam banjir setinggi betis orang dewasa.

Air yang mulai naik sejak pukul 23.45 wib, juga melanda kawasan nagari Selayo. Daerah-daerah kantong banjir seperti Kalampayan dan Rawang Sari jorong Galanggang Tangah Selayo dan Kotobaru harus berjuang melawan genangan banjir. ” Air mulai naik sekitar pukul 02.30 Wib dini hari. Sampai kini, jam 08.00 Wib, banjir masih menggenang daera Galanggang Tangah,” ucap pemuda setempat Mora Dt. Rajo Kando.

Kawasan sekolah dan pemukiman warga di rawang sari jorong Galanggang Tangan Selayo di kepung banjir, Selasa (18/2) pagi
Kawasan sekolah dan pemukiman warga di rawang sari jorong Galanggang Tangan Selayo di kepung banjir, Selasa (18/2) pagi

Mora yang mengaku ikut berjaga-jaga sejak malam menyebutkan, air naik setinggi pinggang orang dewasa di kawasan Kalampayan dan Rawang Sari.

Sejumlah rumah penduduk mulai dijilati air luapan Batang Lembang yang cenderug naik secara perlahan. Kondisi terparah terjadi di kawasan SMA Negeri 1 Kubung, SMP Negeri 1 Kubung dan SD Negeri setempat. “Di jorong Galanggang Tangah Selayo ada sekitar 300 KK yang terdampam banjir, sebanyak 75 Kk dianraranya berada di dusun Rawang Sari, ” ungkap Mora.

Sejauh ini, debet air Batang Lembang sudah mulai menyusut, namun warga terus berjaga-jaga terhadap kemungkinan terjadinya banjir susulan. Sementara aktivitas masyarakat praktis melakukan bersih-bersih perumahan dari kotoran lumpur.

Disisi lain, kegiatan belajar mengajar siswa yang sekolah di SMP dan SMA Negeri 1 Kubung dan dua SD di nagari Selayo, dipastikan tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar.

BACA JUGA:  BPBD Pessel Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrim, Ini Titik Rawannya

” Banjir masih mengepung lingkungan sekolah. Ketiggian air mencapai selutut orang dewasa atau setinggi 25 sampai 40 Cm. Siswa tidak bisa sekolah hari ini,” ucap salah seorang guru SMAN 1 Kubung.

Banjir Batang Lembang juga menganggu aktivitas masyarakat di sebagian wilayah nagari Muaro Paneh dan nagari tanjung Bingkung. Sejak tadi malam, Kadis PUPR  Kab. Solok Syaiful ST, MT yang mengetahui banjir langsung turun ke lokasi bersama Camat Kubung Ricky Carnova dan Kabid Kedaruratan BPBD Kab. Solok  Khairul untuk memastikan kondisi warga.

Pihak Polres Solok Aroauka ikut menerjunkan puluhan personil untuk membantu melakukan evakuasi dan pengamanan jalan raya Solok Padang yang sempat mengalami macet.

Reporter : Wezi Rismanto

Editor      : Melatisan

Facebook Comments

loading...