Beranda Daerah Batang Lembang Jadi Lubuk Larangan, Pemuda Lubuk Agung Tebar 2.500 Ekor Ikan

Batang Lembang Jadi Lubuk Larangan, Pemuda Lubuk Agung Tebar 2.500 Ekor Ikan

Batang Lembang
Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswa) Ikan larangan Jorong Lubuk Agung Nagari Kotobaru Kabupaten Solok, usai melepaskan bibit ikan di Batang Lembang.

Beritanda1—Sedikitnya, sebanyak 2.500 ekor bibit ikan ditebar di lubuk larangan Batang Lembang Jorong Lubuk Agung Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Kegiatan yang digagas oleh kelompok pemuda setempat itu merupakan upaya pelestarian populasi ikan di sungai tersebut.

“Alhamdulillah, ada sekitar 2.500 ekor bibit ikan. Terdiri dari jenis nila, ikan rayo, kalai dan lele,” kata Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) lubuak larangan Jorong Lubuk Agung, Feni Akel Guswarman didampingi ketua Pemuda Lubuk Agung Jovan Fernando di Lubuk Agung, Kamis (4 Maret 2021).

Ia mengatakan, rencana menjadikan ruas batang lembang di Jorong Lubuk Agung ini sebagai kawasan ikan larangan sebetulnya sudah sejak lama, namun baru terwujud saat ini. Ide tersebut beranjak dari keprihatinan akan semakin berkurangnya populasi ikan endemik di sungai tersebut.

“Kalau tidak dijadikan sebagai kawasan lubuak larangan, kami khawatir ikan-ikan endemik seperti Bawuang, Mansai, Garieng, Kapiyek tentu akan punah dengan sendirinya,” ujarnya.

Kawasan yang dijadikan sebagai lubuak larangan tersebut membentang sepanjang lebih dari satu kilo meter. Dimulai dari jembatan dekat lapangan tarandam hingga ke depan Polsek Kubung.

“Di sepanjang kawasan ini, juga sudah kami pasangi plang ikan larangan, untuk memberitahukan kepada masyarakat agar tidak lagi menangkap ikan di kawasan tersebut,”kata Akel.

Batang Lembang

Penambahan bibit ikan tersebut, kata dia, adalah upaya menambah populasi ikan dasar yang ada di sungai tersebut. Selain itu, ikan-ikan  tersebut nantinya akan dipanen dengan cara dipancing pada masa tiga sampai empat bulan ke depan.

“Kalau sudah masanya dipanen, nanti akan diadakan lomba mancing. Hasil dari kegiatan tersebut akan kita manfaatkan untuk berbagai kegiatan kepemudaan dan kegiatan sosial lainnya di jorong Lubuk Agung,” ucapnya.

BACA JUGA:  Gandeng Disdikbud, Polres Pasaman Sepakati MoU Antisipasi Penyalahguna Narkotika Dikalangan Generasi Muda

Sementara itu ketua Pemuda Lubuk Agung Jovan Fernando menambahkan, bibit ikan tersebut merupakan sumbangan dari swadaya masyarakat, perantau dan penyuluh pada balai benih ikan Lubuk Agung.

“Kami juga sudah memasukkan proposal ke dinas perikanan dan pangan Kabupaten Solok, semoga bisa segera direalisasikan. kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyumbang, semoga bibit ini bisa berkembang dengan baik,” ucapnya.

Batang Lembang

Terkait itu, Wali Nagari Kotobaru Afrizal Khaidir Malin Batuah, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pemuda Lubuk Agung tersebut. Menurutnya, Nagari Kotobaru dilintasi oleh sungai-sungai yang menyimpan potensi ikan beragam.

Sebelumnya sudah terbentuk beberapa kelompok masyarakat yang menggerakkan kawasan ikan larangan di ruas sungai di daerah itu, seperti kawasan batang aie Rabo di Jorong Bukik Kili, kawasan perbatungan di Jorong Kajai, kawasan Kayu Samuk di Jorong Simpang, Kawasan Banda Rabuk di Jorong Bawah duku, kawasan Guak Buluh di Jorong Subarang dan kawsan batang Aie Karang (Batang Lembang) di Jorong Lubuk Agung.

“Kawasan Ikan Larangan ini dilindungi dengan peraturan nagari. Jadi, siapapun yang menangkap ikan di kawasan yang telah ditentukan tersebut akan dikenai sanksi berupa denda,” kata Afrizal.

Ia berharap, selain menjaga pelestarian populasi ikan, kegiatan lubuak larangan ini juga upaya menggali produktifitas daerah aliran sungai Batang Lembang yang membelah nagari itu, menjadi kawasan ekonomi masyarakat.

“Banyak sebetulnya nilai positifnya, namun yang utama adalah bagaimana menjadikan bentangan sungai Batang Lembang ini bisa produktif dan bermanfaat untuk masyarakat,” katanya menyudahi.

Malin Marajo

 

Artikel sebelumyaBungkam Sevilla 3-0, Barcelona Amankan Tiket Final Copa del Rey
Artikel berikutnyaSudah Dipasang Rambu Lalu Lintas, Ini Pelanggaran yang Sering Terjadi di Kota Solok