Beranda Daerah Barang Bukti Berupa Shabu Seberat 4 Kg Dimusnahkan Polres Dharmasraya.

Barang Bukti Berupa Shabu Seberat 4 Kg Dimusnahkan Polres Dharmasraya.

barang
Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono, SIK, MT disaksikan unsur Forkopimda setempat memusnahkan seditinya 4 kg barang bukti hasil sitaan petugas Polres setempat

Beritanda1 – Sebanyak 4 Kg barang bukti (BB) berupa Narkotika Golongan I jenis sabu, dan 168 botol minuman keras (Miras) di musnahkan jajaran Polres Dharmasraya, Senin (23 Agustus 2021).

Pemusnahan barang haram tersebut berlangsung dihadapan Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono, SIK, MT, Waka Polres Kompol Alwi Haskar, Bupati Dharmasraya diwakili Sekda H. Adlisman, S.Sos, M.Si, Dandim 0310/SSD Letkol. Inf. Endik Hendra Sandi, S.Sos, M.I. Pol, Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto, SH, Kejari, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, BPOM, Ketua LKAAM, dan Ketua MUI.

Mengiringi pemusnahan barang bukti tersebut, Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono dengan gamblang membeberkan, proses penangkapan shabu seberat 4 kg tersebut, berawal ketika anggota Satlantas Polres Dharmasraya Aipda Suharino Ersyad, SH bersama Bripka Teguh Yona Permana, melaksanakan tugas Commander Wish (pengaturan lalulintas) di jalan lintas Sumatera, tepatnya di depan SPBU Gunung Medan, sekira pukul 07.00 pagi, pada hari Kamis 30 Juli 2021 lalu.

Saat bertugas tersebut, melintas sebuah kendaraan roda dua, merek Yamaha NMAX dengan Nopol terpasang BH 4512 FWE. Karena adanya kecurigaan terhadap kendaraan tersebut, anggota Lantas yang bertugas langsung memberhentikan kendaraan yang dikendarai dua orang pemuda.

Begitu berhenti, petugas kemudian melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan. Namun pengendara motor tidak bisa memperlihatkan surat-surat kendaraan, serta identitas diri.

Lantaran tidak ada surat-surat kendaraan, maka petugas melakukan penilangan kendaraan yang dijadikan denganĀ  barang bukti (BB) tersebut.

Kepada petugas, pengendara yang mengaku bernama Rocky tersebut, menyebutkan dirinya bertolak dari Kabupaten Sijunjung, hendak menuju ke pelayangan, Muaro Bungo, Provinsi Jambi.

Setelah di berikan surat tilang, kedua pengendara tersebut langsung pergi meninggalkan kendaran yang sudah menjadi Barang bukti . Setelah selesai melaksanakan tugas, anggota Satlantas langsung membawa BB tersebut ke Mapolres Dharmasraya.

BACA JUGA:  Program Inovasi Desa 2019, Kabupaten Sijunjung Peroleh Penghargaan TIK

Pada hari yang sama, sekira pukul 20.00 Wib malam, anggota Satres Narkoba Polres Sijunjung Bripka Dayu Praka, menelpon Bripka Teguh Yona Permana untuk menanyakan keberadaan BB berupa kendaraan yang di tilang tersebut.

Sekira pukul 21.30 Wib, anggota Satreskrim Narkoba Polres Sijunjung dibawah pimpinan Bripka Dayu Praka bersama 4 orang anggota Satresnarkoba Polres Sijunjung dan Bripka Teguh melakukan penggeledahan terhadap sepeda motor tersebut.

Saat penggeledahan, ditemukan didalam jok kendaraan berupa tas ransel warna hitam yang berisi narkotika golongan I, jenis sabu seberat 4 kg.

Atas temuan tersebut, Bripka Teguh Yona Permana langsung melaporkan ke pihak penyidik Satnarkoba Polres Dharmasraya untuk dilakukan proses lebih lanjut. Adapun pemilik kendaraan, serta BB bukti masih dalam penyelidikan pihak Polres Dharmasraya.

AKBP Anggun Cahyono mengapresiasi kegigihan dan kinerja personil Polres Dharmasraya dalam menumpas kejahatan Narkotika.

” Dalam waktu sebulan terakhir, Satreskrim Narkoba telah mengamankan 11 orang tersangka kasus Narkoba golongan I Jenis Sabu,” sebutnya.

Dikqtakan, sejumlah tersangka telah diamankan, diantaranya inisial Ar, pengedar dan pengguna, dengan BB seberat 0,31 Gram. Tempat kejadian perkara (TKP) di Jorong Bukik Kompeh, Kenagarian Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung.

Selanjutnya inisial TE dan AF, pengedar dan pengguna dengan BB seberat 0,23 gram, TKP Jorong Ranah, Kenagarian Sungai Dareh.

Kemudian inisial EA dan EE pengedar dan pengguna BB seberat 0,42 gram, TKP Jorong Jumani, Kenagarian Sungai Kambut. Inisial KL, dan RP, pengedar dan pengguna, BB seberat 0,73 gram, TKP Jorong Padang Bungur Timur, Kenagarian Abai Siat, Kecamatan Koto Besar.

Dharmasraya
Bersama Unsur Forkopimda, Kapolres Dharmasraya Menggelar Konferensi Pers Terkait Pemusnahan Barang Bukti Narkotika Jenis Shabu

Pelaku inisial Ek, pengedar dan pengguna BB seberat 0,07 gram, TKP Jorong Koto Diateh, Kenagarian Koto Besar. Lalu AZ dan SP, pengedar dan pengguna BB seberat 2,51 gram, TKP Jorong Bukit Aman, Kenagarian Abai Siat, serta YY pengedar dan pengguna BB seberat 0,55 gram TKP Jorong Abai Siat, Kenagarian Abai Siat.

BACA JUGA:  Gubernur Irwan Prayitno Minta OPD Lakukan Percepatan Serapan Anggaran 2020, Ini Alasannya

” Atas perbuatannya seluruh tersangka dapat dijerat dengan pasal 144, ayat 2, Sub pasal 112 ayat 2, Jo pasal 132 ayat 1, dan UU No:35/2009, tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman pidana minimal 5 tahun penjara,” tegas Anggun Cahyono.

Terhadap kinerja Polres Dharmasraya itu, Sekda Kabupaten Dharmasraya H. Adlisman memberi apresiasi karena telah berjibaku melaksanakan tugas dalam memerangi Narkoba dan tindak kriminal lainnya

“Konsistensi Polres Dharmasraya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, perlu didukung secara bersama. Sehingga masyarakat benar-benar merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas,” ucap H. Adlisman.

Ia sekaligus menegaskan kepada Dinas pendidikan dan tenaga pendidik, serta para orang tua, agar selalu bersinergi untuk mengawasi anak-anak, yang masih dalam menempuh jenjang pendidikan. Sehingga generasi penerus bangsa, benar-benar terawasi dan terbebas dari pengaruh narkoba dan pergaulan bebas.

Sementara itu, Dandim 0310/SSD Letkol Inf Endik Hendra Sandi juga selalu siap bersinergi dan mendukung upaya Polres Dharmasraya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Senada, Ketua LKAAM Dharmasraya Abdul Haris Tuanku Sati, sangat bangga terhadap kinerja Pimpinan Polres Dharmasraya bersama anggota.

“Walaupun baru dua bulan bertugas di Polres Dharmasraya, sudah banyak kasus kriminal terungkap. Baik kasus Narkoba, Ranmor, ilegal logging, ilegal mining, dan kasus lainnya,” kata Rajo Pulau Punjung itu.

Dengan adanya semangat pihak Polres Dharmasraya beserta jajaran, didukung oleh Forkopimda dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, ulas Ketua LKAAM Dharmasraya, tentu akan mampu mengenjot semangat para tokoh adat dan tokoh agama untuk berperan aktif dalam memerangi kejahatan di wilayah Dharmasraya.

Reporter: S. Hanif

Artikel sebelumyaPolres Dharmasraya Berhasil Ungkap Sejumlah Kasus Besar Sepanjang Agustus 2021
Artikel berikutnyaTiga Perwira Polres Dharmasraya Pindah Tugas, AKBP Anggun Cahyono: Tetap Kembangkan Ilmu dan Dedikasi di Tempat yang Baru