Beranda Daerah Banyak Manfaat, Senam Zumba Digemari Kaum Hawa di Solsel

Banyak Manfaat, Senam Zumba Digemari Kaum Hawa di Solsel

Para pegiat senam Zumba di Solok Selatan selepas latihan

SOLOK SELATAN—Olahraga sambil menari dengan alunan musik nan menghentak salah satu ciri khas dari senam kebugaran Zumba. Dewasa ini, Zumba menjadi salah satu olahraga favorit ala perempuan kekinian di Solok Selatan (Solsel).

Latihan kebugaran Zumba diminati oleh semua umur. Mulai dari yang muda hingga perempuan yang telah bercucu. Selain menyehatkan tubuh, gerakannya juga cukup menarik, antara perpaduan tarian salsa dan tarian latin.

Ilfadilla Putri, selaku Zumba Instruktor Network (ZIN) dan pemilik Matrix Zumba di Solsel mengatakan bahwa Zumba salah satu cara sehat bugar dan manfaatnya bakal dirasakan apabila rutin dilakukan. “Manfaatnya banyak, salah satunya bisa untuk mengurangi dan menambah berat badan. Sebab, satu kali latihan dengan durasi sekitar setu jam, mampu membakar banyak kalori dalam tubuh. Semua anggota tubuh bergerak,” katanya pada Minggu (14/7).

Menurutnya, Zumba itu gerakan bersenang-senang. Akan tetapi tanpa disadari telah melakukan olahraga yang diringi musik. Dalam satu jam nonstop latihan zumba dapat membakar kalori 600-1.000 kalori.

Kemudian, manfaat yang dirasakan akan selalu dalam keadaan mod yang baik, lebih bersemangat. “Nah, mampu juga lho untuk menghilangkan stress. Untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, Zumba merupakan rekomendasi,” ujarnya.

Manfaat lain dari Zumba, imbuhnya bagus untuk kesehatan jantung, bikin awet muda, mengencangkan otot, memperbaiki pernafasan dan meningatkan aktivitas sosial. “Tampil lebih percaya diri. Zumba bisa untuk semua kalangan dari anak umur 4 tahun hingga lansia,” sebutnya.

Ditambahkan, dalam skema latihan selama satu jam nonstop, para member bakal bergantian melakukan gerakan. Gerakan, cepat dan lambat dipadu-padankan. “Supaya, semua members dapat mengikuti tanpa berhenti dan kelelahan,” tuturnya.

Jadwal latihan ada di empat lokasi, Studio 1 di Durian Tigo Capang, Pauh Duo dengan latihan tiap pagi Sabtu, Minggu dan malam setiap hari kerja. Studio 2 di Muara Labuh (simpang taman kota) dan latihan setiap sore Selasa, Jumat, Sabtu serta Minggu. Terkahir, studio 3 di Padang Aro latihan setiap Senin, Rabu, Kamis. “Kami juga hadir di perkantoran di Supreme Energy,” katanya.

BACA JUGA:  PMI Kota Solok Akan Gencarkan Sosialisasi “Siap Untuk Selamat”

Sedangkan untuk tarif Matrix Zumba cukup murah, yakni hanya Rp10 ribu untuk satu kali latihan. “Di Sumbar Matrix Zumba tarif paling murah sebab biasanya latihan Zumba di daerah lain  kisaran Rp 20-30 ribu tiap latihan,” bebernya.

Untuk member yang datang 10 kali latihan, diberi gratis satu kali latihan dan bagi member yang ikut program bulanan juga mendapat door prize. “Ini sebagai motivasi supaya lebih bersemangat latihan Zumba,” tutupnya.

Reporter : JO

Editor : MALIN MARAJO