Bantuan Bansos Kepada Lansia Bentuk Tanggungjawab Pemimpin Dharmasraya

Penyerahan secara simbolis bantuan sosial bagi lansia oleh bupati Sutan Riska

DHARMASRAYA – Sebanyak 102 orang warga lanjut usia (Lansia) yang berada di Kecamatan Padang Laweh menerima bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten Dharmasraya. Penyerahan Bansos dilakukan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan di aula kantor wali nagari Muaro Sopan, Senin (26/8), disaksikan anggota DPRD setempat, Sutan Alif dan Iskandar, Kepala Cabang Bank Nagari Pulau Punjung Albert Junaidi, Kadis SosP3APPKB Bobby Perdana Riza, Kadis Kesehatan dr. Rahmadian, Kadis PUPR Junaedi Yunus.

Pada kesempatan Sutan Riska menyampaikan, program bantuan Bansos lahir dengan dasar rasa tanggung jawab pemimpin Dharmasraya terhadap nasib Lansia. Banyak Lansia yang hidup sebatangkara dan tidak ada yang merawatnya. Ada pula di antara Lansia kondisinya miskim dan tidak punya pekerjaan. Tentu saja mereka kurang beruntung itu menjadi buah pikiran bagi pemerintah.

Melalui Dinsos P3APPKB, merancang sebuah program untuk meringankan beban para lansia dalam menjalani sisa hidupnya. Program buat para Lansia, dengan memberikan Bansos diterima secara langsung. Kegiatan juga sangat  fleksibel, dengan memberikan kartu ATM kepada Lansia penerimanya. Setiap kartu ATM telah berisi tabungan senilai Rp 1 juta.

Dana tersebut, menurut Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan berupa beli beras, biaya untuk pemeriksaan kesehatan, membeli obat dan bahkan bisa digunakan untuk keperluan pemakaman jika kemudian Lansia penerima meninggal dunia. “Pokoknya, ATM ini bisa diuangkan dan uangnya bisa untuk kebutuhan sehari hari,” kata Sutan Riska

Di Kabupaten Dharmasraya, tahun 2019 ini, menganggarkan Rp 3 miliar. Dana tersebut akan dibagikan kepada 3000 orang Lansia miskin agar mereka dapat bertahan hidup di sisa usianya. Sisanya sebanyak 4000 orang lagi, akan dianggarkan pada tahun berikutnya.

BACA JUGA:  Sebanyak 70 PPK Dilantik, Bupati Solok Ingatkan Agar Bekerja Profesional dan Jangan Melanggar Aturan

Reporter : S Hanif

Editor      : Melatisan

Facebook Comments

loading...