Beranda Hukum Bantu Ngurus Sertifikat Tanah, Tersangka Penipuan Uang Rp 100 Juta Ditangkap Polisi

Bantu Ngurus Sertifikat Tanah, Tersangka Penipuan Uang Rp 100 Juta Ditangkap Polisi

Sertifikat
Tersangka penipuan dengan modus membantu mengurus sertifikat tanah ditangkap Polsek Tambang, Kampar

Beritanda1 –Dengan modus membantu  pengurusan sertifikat hak milik atas tanah, seorang tersangka SB alias SO berhasil menilep uang korban sebanyak Rp 100 juta.

Kasus penipuan dan penggelapan sertifikat ini, akhirnya dibongkar Unit Reskrim Polsek Tambang, Polres Kampar dan menangkap seorang tersangka yang merupakan warga Desa Kubang Jaya Kecamatan Tambang,  Selasa (12/10/2021) malam, saat berada di Desa Hang Tuah Kecamatan Perhentian Raja, Kampar.

Penangkapan tersangka SB alias SO atas laporan dari korban Abdul Jalil, warga Payung Sekaki Kota Pekanbaru ke Polsek Tambang, karena ditipu  pelaku sebesar Rp 100 juta, dengan iming-iming akan membantu pengurusan sertifikat tanah milik korban.

Kapolsek Tambang Iptu Mardani Tohenes MH ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya memastikan, tersangka kini telah diamankan di Polsek Tambang untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Peristiwa penipuan ini, ungkap Kapolsek Tambang, bermula sekitar bulan November 2020 lalu, pelapor bertemu dan berkenalan dengan tersangka SB alias SO.

Saat itu, tersangka menyampaikan kepada Pelapor bahwa dirinya bisa mengurus peningkatan surat tanah pelapor menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM).

Tertarik dengan tawaran itu,  pada hari Selasa (14/12/2020), pelapor menyerahkan kepada tersangka uang sebesar Rp 100 juta untuk pengurusan Sertifikat Hak Milik atas tanah milik Pelapor di Kantor BPN Kampar.

Namun setelah korban melakukan pengecekan ke Kantor BPN Kampar, pelapor kaget setelah mengetahui tidak ada tersangka melakukan pengurusan Sertifikat Hak Milik untuk tanahnya di Kantor BPN Kampar.

“ Pelapor mengaku telah beberapa kali menghubungi tersangka untuk meminta uangnya dikembalikan, namun tidak ada itikad baik dari tersangka untuk menyelesaikannya. Sehingga korban akhirnya melapor ke Polsek Tambang untuk pengusutannya,” terang Iptu Mardani Tohenes.

BACA JUGA:  Tiga Tersangka Langsir BBM Subsidi Industri, Ditangkap Polisi Bersama Truk Derek Kapasitas Tangki 450 Liter

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kapolsek Tambang perintahkan Kanit Reskrim Ipda Melvin Sinaga SH bersama tim  melakukan penyelidikan dan mencari keberadaan tersangka SB alias SO.

Selanjutnya pada Selasa (12/10/2021), diperoleh informasi keberadaan tersangka  di kawasan Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja. Kanit Reskrim bersama anggota langsung berangkat dan berhasil mengamankan pelaku.

“ Ketika  diinterogasi, tersangka SB alias SO ini mengakui perbuatannya telah melakukan penipuan atau penggelapan uang milik korban. Kita langsung membawa ke kantor untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” jelas Kapolsek tambang.

Reporter: Dino Aritaba

Artikel sebelumyaBanjir Landa Padang Panjang,  Malam-Malam Wako Fadly Amran  Antarkan Bantuan
Artikel berikutnyaKedapatan Bawa Ganja dan Shabu, Empat Pemuda Asal Lembah Gumanti Masuk Sel Polres Solok