Banjir Mulai Surut, Akses Jalan Alahan Panjang-Talang Babungo Sudah Mulai Dibuka

361
warga melintasi jalan yang tertutup banjir di di Jorong Sipadieh Simpang Taratak Baru Salimpek Kec. Lembah Gumanti. Kamis (13/2)

AROSUKA—Akses yang menghubungkan atara Alahan Panjang dengan Tiga nagari di kec. Hiliran Gumanti Kab. Solok pada yang sebelumnya terputus akibat banjir, Kamis (13/2) sore, kini sudah mulai dibuka.  Hingga pukul 21.45  WIB, jalan yang tertutup material sudah bisa dilalui kendaraan dengan sistem buka tutup.

“Banjir yang menutup akses jalan ke tiga nagari di Hiliran Gumanti, kini sudah berangsur surut. Kendaraan roda dua dan roda empat sudah bisa lewat,” kata koordinator NC Solidarity Lembah Gumanti Edwar.

Tokoh muda nagari Alahan Panjang ini menyebutkan, setelah banjir, masyarakat melakukan gotong royong membersihkan material untuk membuka akses jalan menjelang petugas dari BPBD setempat sampai ke lokasi. Saat ini, jalur tersebut sudah bisa dilalui kendaraan.

“Masyarakat dan petugas BPBD membantu membuka jalan, selain sepeda motor, kendaraan roda empat juga sudah bisa lewat dengan sistem buka tutup,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Solok Gusmal melalui pesan whatsapp nya mengatakan, selain petugas dari BPBD,  pihaknya sudah memerintahkan Dinas PUPR setempat  untuk segera turun ke lokasi dan menangani persoalan tersebut. “Mudah-mudahan kawan-kawan dari Pemda Kab. Solok bekerja cepat dan arus transportasi kembali lancar,” kata Bupati.

Sebelumnya, Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kab. Solok Drs. Armen AP. MM kepada beritanda1.com menyebutkan, jalan yang menjadi akses utama bagi warga nagari Alahan Panjang dengan  Talang Babungo tersebut, tertimbun material longsor sepanjang 400 meter.

BACA JUGA:  Pilbup Solok 2020, Hanya Satu Pasang Balon Jalur Perseorangan Serahkan Persyaratan ke KPU

Akibatnya, Ribuan masyarakat Talang Babungo, Sariek Alahan Tigo, Sungai Abu yang berada di wilayah kecamatan Hiliran Gumanti dan Alahan Panjang terjebak di lokasi dan tidak bisa kembali ke rumah.

sebelumnya https://beritanda1.com/gawat-jalan-salimpek-tertimbun-longsor-400-meter-ribuan-warga-terjebak/

Facebook Comments

Loading...
loading...