Beranda Birokrasi Bangun Polsek Rao Utara, Pemkab Pasaman Hibahkan Tanah Ke Polres

Bangun Polsek Rao Utara, Pemkab Pasaman Hibahkan Tanah Ke Polres

Polsek
Penyerahan aset untuk pembangunan Polsek Rao Utara, ditandai penanda tanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah dan Berita Acara Serah Terima dari Bupati Pasaman kepada Polres Pasaman

Beritanda1 – Guna mewujudkan pembangunan Markas Komando (Mako) Polsek Rao Utara, Pemerintah Kabupaten Pasaman hibahkan tanah seluas 5000 M2 ke melalui Kapolres Pasaman.

Prosesi penyerahan hibah tanah Polsek ini dilakukan Bupati  Benny Utama kepada Kapolres Pasaman AKBP Dedi Nur Adriansyah, di aula Mapolres Pasaman, Selasa (14/9/2021).

Mengiringi hibah tersebut, Bupati Pasaman, Benny Utama  menyambut baik berdirinya Polsek Rao Utara, sebagai wilayah ujung utara Pasaman, yang berbatas langsung dengan Provinsi Sumatera Utara.

“Secara administratif, Rao Utara berbatas dengan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Kawasan ini dikenal cukup rawan, dan menjadi lalulintas pintu masuk peredaran narkoba jenis ganja dari wilayah Sumatera Utara ke Sumbar,” ujar Bupati Pasaman.

Disampaikan, jika proses pendirian polsek membutuhkan waktu lama dan panjang, maka sebaiknya didirikan dulu pos polisi perbatasan di Nagari Koto Nopan.

“Nanti, bersama Kapolres, saya dan Dandim akan jalan ke daerah perbatasan, sekaligus kita tinjau lokasi yang cocok untuk mendirikan Pos Polisi Perbatasan,” usul Bupati Benny Utama dihadapan Kapolres dan Dandim setempat.

Terkait hibah tanah dari Pemda ke Polres, menurut bupati hanya sekedar pindah ruang saja, karena fungsi dan tujuannya tetap sama, yakni untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang bermuara pada program kesejahteraan masyarakat secara umum.

Menyikapi rencana Brimobda Polda Sumbar mendirikan Markas Kompi Brimob di Kabupaten Pasaman, hal ini lansung direspon Bupati Pasaman Benny Utama.

“Kita mengusulkan untuk dapat dibangun di daerah Kecamatan Mapattunggul. Alasannya, selain Mapattunggul dan Kecamatan Mapattunggul Selatan sering terjadi bencana alam, wilayah itu juga merupakan kawasan perbatasan Pasaman dengan Kabupaten Rokan Huiu, Provinsi Riau,” jelas Bupati.

Ditambahkan, kebutuhan areal untuk Kompi Brimob seluas 40 hektar, juga lebih memungkinkan terakomodir di Kecamatan Mapattunggul.

BACA JUGA:  Penambahan Positif Covid-19 di Sumbar Hari Ini, Warga Padang Terbanyak

Sementara itu, Kapolres Pasaman, AKBP Dedi Nur Adriansyah mengatakan,  untuk pendekatan pelayanaan kepada masyarakat, Kapolri telah menyampaikan arahan agar mendirikan Polsek di setiap kecamatan. Satu Kecamatan Satu Polsek.

 

Himbauan kapolri, terkait tekad kepolisian untuk memberikan pelayanan merata kepada masyarakat, mulai dari daerah perkotaan, hingga kawasan terjauh dan terpencil.

“Dengan berdirinya Polsek Rao Utara, akan mempermudah pelayanan kepolisian kepada masyarakat di wilayah itu. Sehingga pelayanan maksimal, penjagaan kamtibmas, sekaligus memberikan rasa aman bagi masyarakat Rao Utara bisa diwujudkan,”  jelas AKBP Dedi Nur Adriansyah.

Prosesi penyerahan aset Pemkab Pasaman kepada Polres, ditandai penanda tanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah dan Berita Acara Serah Terima antara Sekretaris Daerah Pasaman dengan Kapolres Pasaman, dan disaksikan Bupati, Forkopimda serta Kepala Agraria Pasaman.

Reporter: MA

Artikel sebelumyaSungai Tarab Lahirkan Inovasi, Program Sutera Berkah untuk Masyarakat Kurang Mampu
Artikel berikutnyaMenteri Keuangan Kagum, Kota Solok Pertahankan Penghargaan WTP 5 Tahun Berturut-Turut