Arteria Dahlan Bantah Disebut Cucu Tokoh Pendiri PKI di Sumbar

Arteria Dahlan
Arteria Dahlan

Beritanda1— Politikus PDI Perjuangan Arteria Dahlan membantah pernyataan Jurnalis senior Sumatera Barat (Sumbar) Hasril Chaniago yang menyebut dirinya cucu dari seorang tokoh pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) di Sumatera Barat.

 

“Tidak benar saya cucu seorang tokoh PKI. Kakek saya dari pihak ibu H. Wahab Syarif, seorang pedagang textile di Tanah Abang, masuk Jakarta tahun 1950. Tempat berlabuhnya para perantau Minang saat tiba di Jakarta sebelum mereka memiliki rumah sendiri,” kata Arteria Dahlan sebagaimana dilansir Tagar.id, Rabu, 9 September 2020.

Politisi muda PDI P yang juga Wakil Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini dengan tegas membantah pernyataan yang dianggapnya tak benar. Dia pun akhirnya merinci susunan keluarganya yang berasal dari keturunan orangtuanya secara detail.

“Nenek saya Hj. Lamsiar, ibu rumah tangga biasa, yang melahirkan 7 anak, 6 jadi pedagang di tabah abang dan satu berprofesi guru Hj. Wasniar (guru SD perguruan Cikini lalu menjadi guru tata boga di SMKN 30 Pakubuwono Jaksel) yaitu Ibunda saya,” ucap Arteria Dahlan.

Ia menyebut bahwa kakeknya dari pihak ayah bernama H. Dahlan bin Ali merupakan seorang pedagang di Sumatera Barat. Sedangkan neneknya bernama Hj. Dahniar Yahya atau biasa disebut Ibu Nian, tokoh Masjumi.

“Ibu Nian satu-satunya guru mengaji di Kukuban Maninjau lebih dari 50 tahun lamanya sampai tahun 1983 (guru ngaji 3 generasi). Seluruh orang Maninjau di Kukuban pernah mengaji ke Bu Nian. Ibu Nian juga pernah ditahan pemerintahan Soekarno karena diduga terlibat PRRI saat itu,” ujarnya.

Meski begitu, ia membenarkan terdapat tokoh PKI dari Maninjau bernama Bachtarudin. Namun, menurutnya nama itu tak memiliki hubungan dengan dirinya.

BACA JUGA:  Kemarau Panjang, Polisi dan Masyarakat Sangir Batang Hari Solsel Gelar Salat Istisqa

“Tidak ada hubungan kekeluargaan antara Bachtarudin dengan kakek dan nenek saya, baik dari pihak ayah maupun ibu,” kata Arteria.

Diketahui, tokoh pers Sumatera Barat (Sumbar) Hasril Chaniago membongkar sosok Bachtaruddin yang merupakan kakek dari politisi PDI-Perjuangan Arteria Dahlan.

Tak segan-segan, Hasril mengungkap latar belakang keluarga Arteria Dahlan. Dia menyebut, Bachtaruddin merupakan pendiri partai berlogo palu arit di Sumatera Barat (Sumbar).

“Arteria Dahlan ini kakeknya itu Bachtaruddin. Bachtaruddin itu pendiri PKI (Partai Komunis Indonesia) Sumatera Barat, anggota konsituante setelah pemilu 55,” ujar Hasril seperti dikutip dari channel YouTube Indonesia Lawyers Club, Rabu, 9 September 2020.

Hasril melanjutkan, di dalam satu keluarga Minangkabau, dapat terlahir berbagai aliran politik yang berbeda-beda. Menurut dia, suku Minang terbiasa menerima perbedaan politik itu meski berada dalam satu keluarga.

Awalnya, Hasril menjelaskan ihwal sejarah dan politik di Sumatera Barat dan hubungannya dengan presiden pertama Indonesia, Soekarno. Dia juga menceritakan saat Soekarno sempat dibantu tokoh-tokoh Minang dalam masa pengasingan.

Menurut dia, masyarakat Minang semula sangat mendukung Soekarno, sebelum tokoh proklamator itu mengusung gagasan komunisme.

“Begitu sayangnya orang Minang kepada Soekarno, tapi kenapa tiba-tiba orang Minang itu mengoreksi Soekarno, yang memasukkan komunis ke dalam pemerintahan. Itu dianggap menyimpang dari Pancasila,” ucap Hasril.

Facebook Comments

loading...