Antisipasi Kabut Asap, BPBD dan Satlantas Polres Sijunjung Bagikan Masker

Kepala Pelaksana BPBD Sijunjung Hardiwan SP membagikan dan memasangkan masker kepada warga dan pengguna jalan, Rabu (16/10).

SIJUNJUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung bersama anggota Satlantas  Polres Sijunjung  kembali membagi-bagikan masker kepada masyarakat maupun penguna jalan yang melintas di jalan protokol Kabupaten, Rabu (16/10).

Pembagian masker tersebut dilakukan  BPBD sebagai bentuk kepedulian kesehatan kepada masyarakat, karena kabut asap kiriman akibat kebakaran hutan dan lahan di provinsi tetangga seperti Jambi dan Palembang ditambah Riau merembes ke wilayah Kabupaten Sijunjung,dimana sebelumnya kabut asap sempat hilang.

Kepala Pelaksana BPBD Sijunjung Hardiwan SP mengatakan, aksi pembagian masker penutup mulut dan hidung adalah sebagai upaya untuk menjaga  dampak buruk kesehatan masyarakat karena kabut asap kembali menyelimuti kawasan Kabupaten Sijunjung. “Sambil membagikan masker kepada warga, kita menghimbau dan meminta kepada warga agar selalu memakai masker saat berada diluar ruangan atau saat berkendaraan akibat buruknya kualitas udara yang akan berdampak pada kesehatan ,” kata Hardiwan.

Selain itu, pihaknya juga  menyarankan agar masyarakat untuk banyak minum air putih dan makan buah-buahan begitu juga pola makan tetap dijaga agar stamina tubuh lebih fit. ”Jika sudah merasa sesak segera konsultasi ke pihak medis, dokter atau Puskesmas terdekat,” terangnya.

Sementara itu, Kadis Perumahan dan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PerkimLH) Sijunjung Riki Maineldi Neri S.STP, M.Si menuturkan bahwa saat ini pihaknya akan melakukan pengambilan sampel kualitas udara oleh UPTD Laboratorium lingkungan menggunakan alat Staplex Parameter 10. ” Pengambilan sampel kualitas udara akan dilakukan selama 24 jam dan setelah itu, baru hasilnya bisa dikeluarkan tetapi tidak secepat yang dibayangkan, karena melalui beberapa proses atau tahapan,” ujarnya.

Reporter: Ogai

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

BACA JUGA:  Rumah Wabup Solok Yulfadri Nurdin Disegel Ormas Suruhan, Begini Ceritanya
loading...