Beranda Daerah Angin Kencang Terjang Kabupaten Solok, Sejumlah Rumah Rusak Berat

Angin Kencang Terjang Kabupaten Solok, Sejumlah Rumah Rusak Berat

Angin Kencang
Angin kencang yang menerjang Kabupaten Solok membuat rumah warga amburuk di nagari Kacang Kecamatan X Koto Singkarak, Kamis (1 April 2021)

Beritanda1–Angin kencang yang menerjang kawasan Kabupaten Solok, Rabu (31 Maret 2021), membuat sejumlah rumah warga rusak ditimpa pohon tumbang.

Selain itu, angin puting beliung  juga membuat atap sejumlah rumah warga ambruk di beberapa nagari di daerah itu.

Angin kencang yang menerjang Kabupaten Solok kian membuat suasana mencekam, karena PLN juga melakukan pemadaman listrik sejak dini hari hingga subuh. Pemadaman tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika ada pohon tumbang yang menimpa jaringan instalasi listrik.

Dari data yang dihimpun beritanda1.com, Kamis (1 April 2021) terungkap, angin kencang hampir merata menyapu kawasan Kabupaten Solok. Di nagari Kacang kecamatan X Koto Singkarak, sejumlah rumah warga di Jorong Jambu, Jorong Balai-balai dan Jorong tembok rusak berat diterjang angin.

Di jorong Tembok Nagari Kacang, satu unit rumah gadang milik keluarga Yanto Nova (50) ambruk, setelah diterjang angin puting beliung. Sementara di jorong Jambu dan jorong Balai-balai, setidaknya tiga unit rumah warga rusak berat karena ditimpa pohon tumbang.

“Angin kencang terjadi sejak pukul 18.30   WIB, Rabu (31 Maret 2021) sore. Puncaknya terjadi sekitar jam 01.30 WIB Kamis (1/4) dini hari, sampai subuh tadi,” kata Camat X Koto Singkarak Sujamto Amrita, Kamis (1 Maret 2021).

Saat ini kata Sujamto, pihaknya masih menunggu laporan dari pemerintah nagari setempat terkait total jumlah keluarga yang menjadi korban angin puting beliung tersebut.

“Untuk nagari Kacang, kami masih menunggu laporan dari tim yang turun ke lapangan,” ujar Sujamto yang mengaku tengah mengikuti kegiatan dinas di Kota Padang.

Ia menambahkan, selain nagari Kacang, bencana angin kencang juga menerbangkan atap rumah warga di nagari Aripan.

” Untuk sementara, warga yang rumahnya rusak sudah kita ungsikan ke rumah keluarga lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA:  DPS Kabupaten Solok pada Pilkada 2020 Berkurang Sebanyak 16.248 Orang

Sementara itu di kawasan selatan Kabupaten Solok, Angin puting beliung juga membuat sejumlah rumah warga rusak berat. Seperti yang terlihat di Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti.

Angin Kencang
Puskesmas Pembantu Di Nagari Alahan Panjang Nyaris Tanpa Atap Akibat Diterjang Angin Kencang

Sedikitnya empat unit rumah di perumahan Lembang nagari Alahan Panjang nyaris tanpa atap, karena diterjang angin puting beliung.

“Ada rumah warga yang ambrum atapnya karena tak kuat menahan terpaan angin kencang,” kata Sekretaris PMI Kabupaten Solok Riko Cahyadi.

Reporter: Ismardi