Alahan Panjang Pertama Laksanakan Musrenbang Nagari di Kecamatan Lembah Gumanti

17

ALAHAN PANJANG – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) nagari Alahan Panjang, kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Selasa (3/12), digelar pemerintah nagari di Aula Kantor Wali Nagari setempat.

Musrenbang nagari ini dihadiri unsur Forkompimcam, Pendamping Desa, utusan masyarakat dan lembaga, perwakilan instansi dan dua orang anggota DPRD Kab. Solok dari fraksi Gerindra, Hafni Hafiz dan Arlon St. Sati, serta perwakilan dari Pemkab Solok.

Wali Nagari Alahan Panjang Zulkarnaini menyebutkan, Alahan Panjang sebagai nagari pertama yang mengadakan Musrenbang pada tahun 2019 ini. Kegiatan ini agar dimanfaatkan oleh semua pihak dalam mencapai sinergitas pembangunan di nagari.

“Pada hari ini akan kita bahas prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan oleh nagari baik dari dana desa maupun yang bisa difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten dan Provinsi. Usulan musrenbang ini nanti juga akan dibahas pada musrenbang kecamatan dan kabupaten” ujar Zulkarnaini.

Pada kesempatan ini kesepakatan forum lebih memfokuskan pembangunan nagari ke depan pada sektor kebangkitan ekonomi kreatif dan sektor pariwisata yang bisa dikelola oleh nagari. Hal lain yang ingin dicapai adalah penurunan angka kemiskinan, stunting dan pengelolaan sampah.

Camat Lembah Gumanti, Zaitul Ikhlas menyatakan bahwa Musrenbang kali ini bertujuan untuk membahas dan menyepakati hasil musyawarah di tingkat jorong.

“Alur pengusulan secara umum melalui jalur tekhnokrat seperti RPJM Kabupaten yang disiapkan oleh eksekutif. Alur kedua, biasanya melalui jalur politik dan terakhir adalah aspirasi. Silahkan alur pembangunan tersebut dimaksimalkan oleh pemerintah nagari dan masyarakat” lanjut Camat.

BACA JUGA:  Peduli Penderita Bibir Sumbing, Donizar Lakukan Aksi Sosial di Pasaman

Mewakili pemkab. Solok dari Barenlitbang, Kasubid PPD, Suzami Putra Subur Menjelaskan tentang mekanisme pembangunan kabupaten yang meliputi RPJP, RPJM, RKPD per tahun.
Musrenbang kali ini dalam rangka prioritas pembangunan yang akan dimasukkan ke dalam RKPD tahun 2021.

Juga disampaikan tentang program prioritas kabupaten dan isu pembangunan strategis tahun 2021. Diantaranya berfokus pada pemerataan pendidikan, sektor ekonomi khusus bidang pariwisata dan pertanian, penurunan angka stunting.

Hafni Hafiz mengaku, ini adalah Musrenbang pertama pasca Pileg dan Pilpres. Ia mengajak masyarakat bersatu demi kepentingan nagari.

“Proses politik sudah selesai saatnya sekarang kita besinergi. Kami sebagai putra nagari Alahan Panjang dipercaya sebagai wakil masyarakat Dapil IV. Bersama dengan dewan lainnya kami berkomitmen untuk bersatu demi tercapainya cita-cita pembangunan nagari dan daerah” ujar sekretaris Gerindra Kab. Solok tersebut.

Diperkuat oleh Arlon, bahwa setiap masyarakat berhak menyalurkan aspirasi untuk pembangunan. Maka kewajiban bagi nagari agar ada skala prioritas dan konsep membangun secara utuh.

“Perhatikan kemampuan keuangan daerah dan kebijakan pemerintah. Agar usulan kita tidak sia-sia. Kemudian jaga kebersamaan agar cita-cita membangun adalah Mambangun Nagari” tutupnya.

Reporter : Edwar Jamil
Edidor     : Melatisan

Loading...
loading...