Ada Empat Kategori Zakat Fitrah Di Limapuluh Kota, Ini Besarannya

Baznas
Baznas Limapuluh Kota

Beritanda1 –  Besaran pembayaran zakat fitrah dan fidyah pada Ramadhan 1440 Hijriah ini, Telah ditetapkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, sebesar 2,7 kilogram beras/ jiwa.

Demikian disampaikan Ketua Baznas Kabupaten Limapuluh Kota, Desembri Chaniago ketika dihubungi, Jumat (15/5). Ia menjelaskan, besaran zakat fitrah yang dibayarkan dengan uang, ada empat kategori sesuai besaran harga beras.

“ Ini sesuai keputusan bersama antara Baznas, Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM di Kabupaten Limapuluh Kota, yang disepakati pertengahan April yang lalu,” jelasnya.

Ia merincikan, untuk beras kelas 1 dengan jenis beras Anak Daro yang harganya Rp.13.500/kg, maka besaran yang harus dibayarkan Rp 37.000.

Adapun untuk beras kelas 2  dengan Sijunjung dan Pandan Wangi, yang harga perkilonya Rp.13.000, maka besaran zakat fitrahnya Rp 35.000.

Sementara beras kelas 3 jenis SPR yang harganya Rp 11.000 perkilo, maka dibayarkan sebesar Rp 30.000. Terakhir, beras kelas 4 jenis Dolog, dengan perkiraan harga Rp 9.000, maka zakat fitrah dibayarkan Rp 25 ribu.

Sedangkan untuk fidyah, per jiwa sesuai keputusan Baznas Limapuluh Kota, ditetapkan setara 1/2  atau setengah dari jumlah zakat fitrah per hari.

Dalam keputusan tersebut, Baznas Limapuluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar membayarkan zakat fitrah sejak awal Ramadhan, agar bermanfaat bagi fakir dan miskin, terutama bagi mereka yang terdampak wabah Covid-19.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau panitia agar menyalurkan zakat fitrah hanya kepada fakir miskin dan penyalurannya diselenggarakan sebelum shalat idul fitri.

Reporter: Diko Rahmad

Facebook Comments

BACA JUGA:  Bupati dan Masyarakat Solok Gelar Sholat Gerhana Matahari di Islamic Center
loading...