Abrasi Pantai di Bukit Tambun Tulang Semakin Parah, Bupati Instruksikan Wali Nagari Buat Proposal

PAINAN–Abrasi pantai di Dusun Muaro, Kampung Bukit Tambun Tulang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, semakin mengkhawatirkan. Selain mengancam pemukiman warga, abrasi tersebut menyebabkan lebih dari 20 meter daratan terkikis.
“Saya sudah intruksikan Wali Nagari dan Camat untuk segera membuat proposal. Nanti bantuannya bisa kita siasati melalui dana kabupaten, provinsi maupun pusat,” katanya saat mengunjungi abrasi pantai di Kampung Bukit Tambun Tulang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Minggu (22/9).
Menurut dia, jika abrasi pantai tak segera ditangani maka berpotensi buruk terhadap lingkungan dan bakal merusak perkampungan warga sekitar.
“Ya, kondisi ini jangan sampai berlarut-larut. Hal ini mesti segera ditangani agar tidak semakin parah. Kalau tidak ada anggaran, nanti bakal saya koordinasikan dengan pusat,” ujarnya.
Bupati mengajak masyarakat agar selalu waspada dan mengurangi aktivitas diluar rumah terkait kondisi cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini.
“Jangan keluar rumah jika tak ada keperluan. Kondisi ini bukan saja terkait abrasi namun juga kabut asap,” tuturnya.
Kedatangan Bupati Hendrajoni ke Dusun Muaro, Kampung Bukik Tambun Tulang, serangkaian kegiatan kunjungan kerja ke Kecamatan Batang Kapas. Sebelumnya ia bersama rombongan terlebih dahulu meninjau bendungan Irigasi Batang Jalamu yang rusak akibat dihantam banjir bandang beberapa waktu lalu. Pada akhir kegiatan ia juga tak lupa mencek kondisi pasar Batangkapas yang baru diresmikan dan mengajak masyarakat pedagang selalu menjaga kebersihan lingkungan pasar.
Reporter: OKIS ROCKIN
Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

BACA JUGA:  Dibagi 6 Kategori, 56.596 KK di Kabupaten Solok Akan Segera Terima Bantuan
loading...