Beranda Agama 70 Tahun Majelis Ta’lim Masjid Raya Bukittinggi

70 Tahun Majelis Ta’lim Masjid Raya Bukittinggi

Masjid
Penulis bersama imam masjid Raya Bukittinggi, Buya H.Rusydi Kinan,Lc, (kiri).

JIKA ADA majelis ta’lim di Sumatera Barat yang eksis lebih dari 70 tahun dengan jamaah tak kurang 1000 orang setiap kali kajian,maka itu adalah Majelis Ta’lim Jum’at Pagi di Masjid Raya Bukittinggi.

Dalam memori pakar sejarah dari Universitas Negeri Padang, Prof.Dr.Azmi , Majelis Ta’lim Jum’at Pagi Masjid Raya Bukittinggi sudah ada sekitar tahun 1951.  Pengurus utamanya Buya Binahar Hamzah.

Sementara itu, imam Masjid Raya Bukittinggi, Buya H.Rusydi Kinan, Lc., mengingat ketika pertama kali menjadi imam tetap di masjid Raya Bukittinggi pada 1983,dirinya melihat majelis ta’lim Jum’at Pagi aktif dan ramai dikunjungi jamaah.

Majelis Ta’lim Jum’at Pagi  adalah majelis ta’lim terbesar dengan jumlah jama’ah tak kurang seribuan orang setiap kali kajian.Jamaah yang rata-rata para lansia ini berdatangan dari berbagai daerah di Sumatera Barat.Pengajian dibagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama pukul 9 sampai 10 pagi.Dilanjutkan sesi kedua pukul 10 hìngga 11.15.  Lantai satu untuk kaum Ibu,dan lantai dua diisi kaum Bapak. Materi utama dititikberatkan pada bidang Aqidah Islam, Fiqih Ibadah, dan Adab Islami. Materi pendukung tentang kajian ayat-ayat dan hadits-hadits pilihan.

Ke Masjid Raya Bukittinggi, bagi para orang tua kita itu selain untuk menimba ilmu, juga untuk menghibur hati .Selesai mendengar kaji dilanjutkan menghibur hati. Bertemu kawan lama dan mendapat kawan baru.

Setelah itu singgah  ke pasa ateh (pasar atas) yang terkenal itu walau hanya melihat-lihat saja. Sekedar makan bubur kampiun, atau membeli karupuak sanjai benar-benar hiburan hati.

Jum’at pagi menjadi hari yang dinanti oleh orang tua kita itu untuk ke masjid Raya Bukittinggi. Untuk pergi mengaji sambil menghibur hati.

Penulis: Irwandi Nashir (Dosen IAIN Bukittinggi)

BACA JUGA:  Bupati Hendrajoni Teken Hibah Rp.7 Miliar Pemkab Pessel Untuk Rumah Ibadah
Artikel sebelumyaTeguh Dukung Palestina, Baznas Sumbar Salurkan Bantuan 500 Juta Untuk Palestina
Artikel berikutnyaSimpan Ganja di Rumah Kosong, Polres Solok Tangkap Seorang Pria di Alahan Panjang