Sentra IKM Logam Dharmasraya Dioperasikan April Mendatang

191
Gedung bengkel sentra IKM Dharmasraya
Gedung bengkel sentra IKM Dharmasraya

DHARMASRAYA — Sentra Indrustri Kecil Menengah (IKM) logam Dharmasraya terletak di Jorong Kampung Dondan, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, segera dioperasikan bulan April mendatang.

Kepastian operasi IKM ini disampaikan Drs Zubrizal, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan daerah mekar itu, diruang kerjanya Rabu (18/3).

Disampaikan Zubrizal, pengoperasian centra IKM Logam tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah Kabupaten Dharmasraya bersama Kementrian Koperasi dan usaha kecil menengah agar mampu membuat prodak sendiri berbahan logam.

“Makanya, pengoperasian perdana, kita serahkan kepada 10 orang tenaga ahli yang telah kita bina dan dipersiapkan sejak jauh hari. Sedangkan untuk tambahan tenaga pekerja, akan disesuaikan dengan kebutuhan dan usulan dari tenaga ahli nantinya ,” terang Zubrizal.

Menurutnya,  sentra IKM Logam merupakan improvisasi kelompok UMKM sendiri. Dengan membuka perbengkelan, dengan memiliki peralatan yang canggih dan lengkap. Oleh karenanya,  mampu menelorkan prodak unggulan dari bahan logam, berupa peralatan  peralatan mesin pertanian, traktor, eksapator, dan alat lainnya.

Selain itu,  juga ada bengkel mobil, hingga pembuatan bak mobil berbahan logam, serta membuat pisau, golok, parang, arit, pisau penderes karet, dan dodos.

” Pokoknya semua peralatan mobil dan  alat pertanian berbahan logam dapat diciptakan di centra IKM Logam,” sebutnya.

Karena alasan itu, dihimbau kepada seluruh warga Dharmasraya, dan secara umum pemilik kendaraan bermitor, atau mesin pertanian dan alat berat. Apabila ingin memperbaiki, atau mengganti alat yang sudah rusak, dipersilahkan langsung datang ke sentra IKM logam untuk diperbaiki.

BACA JUGA:  Fokus Membangun SDM, Bupati Dharmasraya Lantik Sejumlah Kepala Sekolah, Pengawas dan Dua Pejabat Tinggi Pratama

” Di pabrik logam itu nanti para konsumen akan di jamu oleh 10 orang tenaga ahli yang handal, ditambah 34 orang anggota pekerja profesional, yang telah lulus pelatihan Kusus,” jelas Zubrizal.

Reporter : S Hanif

Editor      : Melatisan

Facebook Comments

loading...