45 Anggota DPRD Pessel Bakal Dilantik 14 Agustus Esok

58
Kantor DPRD Pessel

PAINAN– Sebanyak 45 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan periode 2019-2024 bakal dilantik pada 14 Agustus 2019 mendatang.

“Sejauh ini tidak ada kendala terkait pelantikan tersebut. Bahkan, surat Keputusan Gubernur (Kepgub) Sumatera Barat telah dikeluarkan. Saat ini pihak kami dalam tahap persiapan,” kata Kepala Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pessel, Edi Dharma Putra usai Sidang Paripurna Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019, Senin (12/8).

Penetapan jadwal itu, lanjut Edi, sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumbar nomor 171-598-2019 tanggal 9 Agustus 2019 tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota DPRD Pessel masa Jabatan 2019-2014.

Adapun 45 anggota DPRD yang bakal dilantik itu antara lain, 5 orang dari Parta Amanat Nasional (PAN), 4 orang dari Partai Golongan Karya (Golkar), 5 orang dari Partai Demokrat, 4 orang dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), 5 orang dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), 5 orang dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), 5 orang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), 3 orang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kemudian Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 3 orang, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 2 orang, dan Partai Bulan Bintang 1 orang. Kemudian Perindo dan Partai Berkarya masing-masingnya satu orang pula. “Pelantikan wakil rakyat yang baru itu, bersamaan dengan habisnya masa bakti anggota DPRD periode 2014-2019,” ujarnya.

Sebelumnya, pada 27 Juli 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesisir selatan telah menetapakan 45 calon Anggota DPRD terpilih di daerah itu.  Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Komisioner KPUD Pessel, Kabag Kesbangpol Edi Dharma Putra, Ketua Bawaslu Pessel Erman Wadison.

BACA JUGA:  Bantuan Bansos Kepada Lansia Bentuk Tanggungjawab Pemimpin Dharmasraya

Perwakilan partai politik peserta Pemilu dan Kepolisian Resor Pesisir Selatan. Penetapan dilakukan setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa Pileg yang diajukan salah seorang Caleg sebelumnya.

“Sesuai Tata Tertib (Tatib) dan aturan undang-undang, pengambilan sumpah biasanya dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Painan,” tutur Ketua KPUD Pessel Epaldi Bahar beberapa waktu lalu di Painan.

Reporter: OKIS ROCKIN

Editor: MALIN MARAJO

Loading...
loading...